Analisis Penetapan Harga Jual Metode Cost Plus Pricing Dalam Upaya Mengoptimalkan Laba Perusahaan (Studi Pada UMKM Krecek Rambak Kulit Sapi Halimah Bangsal Mojokerto)

Sholikah, Maratus (2024) Analisis Penetapan Harga Jual Metode Cost Plus Pricing Dalam Upaya Mengoptimalkan Laba Perusahaan (Studi Pada UMKM Krecek Rambak Kulit Sapi Halimah Bangsal Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20404019_prabab.pdf

Download (910kB)
[img] Text
20404019_bab1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
20404019_bab2.pdf

Download (546kB)
[img] Text
20404019_bab3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
20404019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
20404019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
20404019_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
20404019_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
20404019_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Harga jual merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan suatu produk dengan ditambah presentase laba yang diinginkan. Cost plus pricing merupakan salah satu metode penetapan harga jual yang bedasarkan pendekatan biaya dengan menjumlahkan total biaya penuh dengan presentase laba yang diinginkan. Laba merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya yang telah dikeluarkan untuk menghasikan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga jual metode cost plus pricing dalam upaya mengoptimalkan laba perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tedapat perbedaan pada penetapan harga jual antara perusahaan denga metode cost plus pricing. Menurut perusahaan harga jual yang ditetapkan perbungkusnya adalah sebesar Rp 48.000 sedangkan menurut metode cost plus pricing harga jual produk adalah sebesar Rp 50.835,633 perbungkusnya. Hal tersebut dikarenakan perusahaan dalam menghitung biaya produksi hanya membebankan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja saja. Sedangkan dalam metose cost plus pricing semua komponen biaya dibebankan. Laba yang diperoleh dalam satu bulan menurut perhitungan perusahaan adalah sebesar Rp 26.760.800 sedangkan laba dalam satu bulan menurut metode cost plus pricing adalah sebesar Rp 36.048.337,457. Terdapat selisih laba sebesar Rp 9.287.537,457 antara perhitungan perusahaan dengan metode cost plus pricing. Hal tersebut menunjukkan bahwa penetapan harga jual metode cost plus pricing dapat mengoptimalkan laba perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Akuntansi Syariah
Depositing User: MARATUS SHOLIKAH
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:27
Last Modified: 19 Sep 2024 07:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14962

Actions (login required)

View Item View Item