Peran Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Punten Pecel Kecamatan Pesantren Kota Kediri)

Fadilah, Aprilia Nur (2024) Peran Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Punten Pecel Kecamatan Pesantren Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934106419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934106419_bab1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
934106419_bab2.pdf

Download (44kB)
[img] Text
934106419_bab3.pdf

Download (92kB)
[img] Text
934106419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
934106419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
934106419_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
934106419_daftarpustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
934106419_Sp.pdf

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK APRILIA NUR FADILAH, 2024. PERAN STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pecel Punten Kecamatan Pesantren Kota Kediri), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Kediri, Pembimbing (1) Arif Zunaidi, SHI, MEI., dan (2) Mundhori, MEI Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Warung Punten Pecel. Di era globalisasi yang semakin dinamis dan kompleks, persaingan bisnis menjadi lebih intens. Pengusaha harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan memenuhi kebutuhan pelanggan melalui produk dan layanan berkualitas. Kepuasan pelanggan menjadi kunci keberhasilan, yang dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap pelayanan, seperti kebersihan, kehandalan, dan kenyamanan. Studi pada Pecel Punten di Kota Kediri menunjukkan bahwa kombinasi antara kualitas produk, pelayanan yang baik, dan pengalaman positif dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi dan referensi pendukung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di sektor makanan tradisional serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pelayanan pada Warung Punten Pecel dimana Keandalan dalam menyampaikan layanan tepat waktu dan akurat juga diakui, meski ada ruang untuk meningkatkan kecepatan layanan. Pelatihan karyawan untuk bersikap ramah dan cepat tanggap terhadap pelanggan berkontribusi pada pengalaman positif, meskipun perlu peningkatan koordinasi. Pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam menangani masalah konsumen memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan. Empati dan komunikasi yang baik membangun hubungan personal yang kokoh dengan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa warung ini telah menerapkan prinsip-prinsip pelayanan dengan baik, seperti menyediakan fasilitas yang memadai dan bersih, serta memastikan penampilan karyawan yang rapi. Warung Punten Pecel mampu mempertahankan loyalitas pelanggan dan menarik pengunjung baru dengan reputasi yang terus meningkat sebagai penyedia makanan yang lezat dan layanan superior di Kota Kediri.(2) Strategi meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menganalisis seperti sistem keluhan dan saran yaitu Memudahkan pelanggan untuk menyampaikan keluhan atau saran secara langsung atau melalui platform digital seperti media sosial dan umgkapan langsung kepada penjual atau pelayan disana, ghost shopping, analisis pelanggan yang hilang, dan survei kepuasan pelanggan digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Aprilia Nur Fadilah
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:55
Last Modified: 30 Sep 2024 06:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item