Problematika Pembiasaan Ibadah Sholat Di Mts Nurul Ula Kota Kediri

Kamila, Muzakiyah (2024) Problematika Pembiasaan Ibadah Sholat Di Mts Nurul Ula Kota Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
22501035_ PRA BAB.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (400kB)
[img] Text
22501035_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (188kB)
[img] Text
22501035_ BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (558kB)
[img] Text
22501035_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (173kB)
[img] Text
22501035_ BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (772kB)
[img] Text
22501035_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (172kB)
[img] Text
22501035_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (80kB)
[img] Text
22501035_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (158kB)
[img] Text
22501035_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only until September 2025.

Download (1MB)
[img] Text
lembarpernyataanpersetujuanpublikasimila_1726357955.pdf
Restricted to Registered users only until September 2025.

Download (358kB)

Abstract

Ibadah sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam. Oleh sebab itu, ibadah sholat harus di ajarkan kepada anak sejak dia kecil sehingga ketika anak tersebut beranjak dewasa dia sudah terbiasa untuk melakukan sholat. Tapi, pada kenyataannya anak zaman sekarang kurang memahami makna dan tujuan sholat meskipun mereka bersekolah di lembaga pendidikan Islam. Mereka hanya mengetahui bahwa sholat adalah ibadah wajib tetapi dalam praktiknya anak tersebut belum melakukan ibadah sholat dengan sempurna. Kerana adanya problematika tersebut maka penelitian ini memiliki fokus diantaranya: 1) Bagaimana pemahaman siswa mengenai ibadah sholat di, 2) Bagaimana pengamalan ibadah sholat siswa, 3) Apa penyebab siswa di Mts Nurul Ula tidak melakukan ibadah sholat dengan baik, 4) Apa problematika yang dialami guru dan orangtua siswa dalam membiasakan ibadah sholat siswa, 5) Apa solusi yang diberikan dengan adanya problematika yang terjadi di MTs Nurul Ula. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan pengambilan data sekunder berupa angket. Adapun analisis data menggunakan analisis studi kasus. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemahaman siswa mengenai ibadah sholat sudah cukup baik. Siswa sudah bisa mendeskripsikan pengertian sholat dengan bahasanya sendiri tetapi beberapa siswa masih ada yang belum memahami makna dari gerakan sholat dan belum menghafal bacaan-bacaan sholat. 2) Sedangkan pengamalan ibadah sholat siswa di Mts Nurul Ula yaitu masih terdapat beberapa siswa yang belum terbiasa melakukan ibadah sholat 5 waktu dengan sempurna sehingga ketika dilakukan praktik sholat mereka belum hafal bacaan sholat dan salah dalam mempraktikkan gerakan sholat. 3) Penyebab terjadinya problematika tersebut yaitu dikarenakan beberapa siswa kurang mendapat pengawasan dari orangtua dan guru, pergaulan siswa yang kurang tepat, proses pembelajaran yang kurang menarik, sarana dan prasarana yang kurang, dan kemampuan siswa dalam membaca ayat Al-Qur’an masih rendah. 4) problematika yang dihadapi oleh guru yaitu kurangnya kerjasama dengan sesama guru, kurangnya sarana dan prasarana, manajemen waktu yang kurang baik, dan belum adanya pengelompokan kelas berdasarkan kemampuan siswa. Problematika dari orangtua yaitu kurangnya waktu untuk mengawasi anak karena adanya tuntutan pekerjaan. 5) solusi yang dapat dilakukan yaitu pihak sekolah melakukan kerjasama dengan orangtua, pengelompokkan kelas, meningkatkan kerjasama dengan sesama guru dan pihak yayasan, pemberian sanksi kepada siswa yang tidak tertib melakukan pembiasaan ibadah sholat di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzakiyah Kamila
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:54
Last Modified: 19 Sep 2024 06:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14947

Actions (login required)

View Item View Item