Strategi Relationship Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun)

Supriono, Juwita (2024) Strategi Relationship Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934207319_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
934207319_bab1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
934207319_bab2.pdf

Download (635kB)
[img] Text
934207319_bab3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
934207319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
934207319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
934207319_bab6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
934207319_daftarpustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Skripsi ini menganalisis implementasi strategi Relationship Marketing pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun sebagai upaya meningkatkan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan mengenai, 1) Bagaimana strategi relationship marketing pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun, 2) Bagaimana strategi relationship marketing dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyajikan dalam bentuk kata atau gambar dari sumber tertentu. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan melakukan pengumpulan data secara langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data peneliti dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian 1) Penerapan strategi relationship marketing pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun menunjukkan bahwa kinerja seorang Relationship Manager (RM) Bisnis sudah cukup baik meskipun belum maksimal. Hal ini diukur berdasarkan beberapa indikator seperti kepercayaan, ikatan, komunikasi, empati, nilai kebersamaan, timbal balik, penanganan keluhan, dan shariah compliance. 2) Strategi relationship marketing dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Madiun berhasil menjaga hubungan harmonis dengan nasabah loyal, meningkatkan nilai dan ketertarikan mereka, serta loyalitas. Sehingga nasabah cenderung menggunakan berbagai produk bank dan memberikan rekomendasi berdasarkan pengalaman positif. Dengan menyediakan fasilitas dan pelayanan terbaik, bank berhasil meningkatkan retensi nasabah terhadap tawaran produk perbankan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Juwita Apritia
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:11
Last Modified: 18 Sep 2024 06:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14905

Actions (login required)

View Item View Item