Aisah, Siti (2024) Pemikiran pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
20501014_prabab.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (901kB) |
|
Text
20501014_bab1.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (612kB) |
|
Text
20501014_bab2.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (726kB) |
|
Text
20501014_bab3.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (589kB) |
|
Text
20501014_bab4.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (531kB) |
|
Text
20501014_bab5.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (559kB) |
|
Text
20501014_bab6.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (227kB) |
|
Text
20501014_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only until September 2025. Download (237kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia terdiri dari dua jenis pendidikan yaitu pendidikan tradisional dan pendidikan modern. Pendidikan Islam di Indonesia merupakan sistem pendidikan yang selalu berkembang dari masa ke masa sesuai dengan perubahan zaman dan kebutuhan pendidikan. Banyak tokoh-tokoh pendidikan yang melakukan perubahan, namun ada pula yang mempertahankan tradisi pendidikan tradisional sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pendidikan pesantren KH. Imam Zarkasyi di Gontor, penanaman nilai-nilai etika Islam KH. Imam Zarkasyi, dan relevansi pemikiran pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi di pesantren dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan berjenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data dari buku, jurnal terkait Imam Zarkasyi. Untuk menganalisis, peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan. Tahapan analisis ini menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep pendidikan Islam yang diterapkan oleh KH. Imam Zarkasyi yaitu menyatukan kedua sistem madrasah dan pesantren dengan menerapkan sistem kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) yang didesain 100% ilmu agama dan 100% ilmu pengetahuan umum. Etika atau budi pekerti bagi KH. Imam Zarkasyi ialah ilmu bertindak atau pengetahuan tentang hal-hal yang menunjukkan kepada kita jalan yang baik untuk dapat hidup dalam masyarakat dengan berpandangan absolut atau nisbi. Adapun relevansi pemikiran pendidikan Islam dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia, seperti keefektifan semua proses pendidikan dan pengajarannya, menerapkan kepemimpinan yang ideal, mengembangkan kualitas dan mutu, memiliki tim yang kompak, cerdas dan dinamis yang disebut dengan Trimurti, memiliki kemandirian seperti yang terdapat dalam nilai panca jiwanya, memiliki partisipasi untuk mendidik anak-anak dan masyarakat sekelilingnya, melakukan evaluasi setiap saat, memiliki akuntabilitas dengan adanya panca jangka, memberikan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pendidikan dan pengajaran, penguasaan teknologi seperti adanya Lab komputer, dan menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu bersaing dalam berbagai tingkat sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Aisah |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 07:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14887 |
Actions (login required)
View Item |