Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter, Regulasi Emosi, dan Kecenderungan Bullying pada Remaja di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih

Sofiati, Novita (2024) Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter, Regulasi Emosi, dan Kecenderungan Bullying pada Remaja di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20104125_Pra BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text
20104125_BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
20104125_BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
20104125_BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
20104125_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
20104125 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
20104125_BAB VI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
20104125_Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
20104125_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20104125_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (129kB)

Abstract

SOFIATI, NOVITA. 2024. Dosen Pembimbing Dr. Rini Risnawita S, M.Si dan Yuli Darwati, M.Si. Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter, Regulasi Emosi dan Kecenderungan Bullying Pada Remaja di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata kunci : Pola Asuh Otoriter, Regulasi Emosi, Kecenderungan Bullying, Remaja Masa remaja menjadi fase transisi dari masa anak ke dewasa, dalam beberapa tahun terakhir, fenomena bullying di sekolah semakin meningkat, dimana pelakunya kebanyakan dari kalangan remaja. Bullying merupakan tindakan negatif yang dilakukan berulang-ulang dengan tujuan menyakiti orang lain, sedangkan kecenderungan bullying merupakan dorongan untuk melakukan hal negatif baik secara verbal atau fisik. Pola asuh Otoriter merupakan pola asuh dimana orang tua selalu mengekang anaknya dengan segala peraturan tanpa memikirkan perasaan anaknya. Regulasi emosi merupakan kemampuan untuk mengelola emosi lalu mengekspresikan emosi sesuai dengan situasi disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) apakah terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dengan kecenderungan bullying, untuk mengetahui 2) hubungan antara regulasi emosi dengan kecenderungan bullying dan untuk mengetahui 3) hubungan antara pola asuh otoriter dan regulasi emosi dengan kecenderungan bullying pada remaja di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Populasi yang digunakan adalah seluruh remaja yang ada di MTs. Raudlatut Thalabah sebanyak 210 remaja. Sedangkan sampel yang di ambil untuk penelitian sebanyak 138 responden, dengan teknik random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga skala, yaitu skala kecenderungan bullying, skala pola asuh otoriter, dan skala regulasi emosi. Teknik pengumpulan data dengan menggukanakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi kendall’s tau-b yang di olah dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat hubungan positif antara pola asuh otoriter dengan kecenderungan bullying 2) terdapat hubungan negatif antara regulasi emosi dengan kecenderungan bullying dan 3) terdapat hubungan negatif antara pola asuh otoriter dan regulasi emosi dengan kecenderungan bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat hubungan positif secara signifikan antara variabel pola asuh otoriter dengan kecenderungan bullying dengan nilai korelasi 0,088 dan nilai Sig 0,133 > 0,05, 2) tidak terdapat hubungan negatif secara signifikan antara regulasi emosi dengan kecenderungan bullying dengan nilai korelasi 0,033 dan nilai Sig 0,579 > 0,05 dan 3) tidak terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh ororiter dan regulasi emosi dengan kecenderungan bullying. Sehingga dalam penelitian ini H0 di terima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: NOVITA SOFIATI
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:45
Last Modified: 17 Sep 2024 07:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item