Istiqomah, Nurul (2024) Pelaksanaan Pembiasaan Sholat Dhuha Dan Aurad Berjamaah Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa Di MTs Plus Madinatul Mubtadi-Ien Perspektif Ivan Petrovich Pavlov. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933710919_prabab.pdf Download (4MB) |
|
Text
933710919_bab1.pdf Download (225kB) |
|
Text
933710919_bab2.pdf Download (259kB) |
|
Text
933710919_bab3.pdf Download (199kB) |
|
Text
933710919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
933710919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
Text
933710919_bab6.pdf Download (39kB) |
|
Text
933710919_daftarpustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
933710919_suratpernyataan.pdf Download (78kB) |
Abstract
Karakter Disiplin merupakan sikap dan perilaku yang muncul sebagai akibat dari pelatihan atau kebiasaan menaati aturan, hukum atau perintah. Pendidikan karakter merupakan suatu proses untuk menanamkan karakter serta, pembentukan kepribadian yang terwujud dalam sikap dan perilakuan dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kebiasaan yang lebih positif. Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari, dimulai ketika matahari mulai naik sepenggalah atau setengah terbit matahari (sekitar jam 7) sampai sebelum masuk waktu Dhuhur ketika matahari belom naik pada posisi tengah-tengah. Aurad merupakan jamaknya wirid. Wirid merupakan seruan yang mengandung permohonan tertentu kepada Allah SWT atau pembacaan doa-doa yang diucapkan berulang-ulang kepada Allah SWT. Pavlov terkenal dengan teori Classical Conditional Theory. Teori Pavlov adalah teori pengondisian klasik yang menggambarkan proses pembelajaran melalui asosiatif stimulus dari lingkungan dan bersifat alamiyah. Teori ini percaya bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku. Pada dasarnya pembiasaan klasik adalah sebuah prosedur penciptaan refleksi baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya reflek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif (inkuiri naturalistic). Menggunakan tahapan observasi, wawancara, dan dolumentasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa: 1). Proses perencanaan tersusun secara terstruktur. 2). Hasil dari pelaksanaan program sholat dhuha dan aurad berjamaah memberikan dampak positif yaitu siswa menjalankan sholat dhuha dan aurad berjamaah tidak hanya di madrasah tapi, juga melaksanakan di rumah masing-masing. Kata Kunci : pembiasaan, Karakter Disiplin, Sholat Dhuha dan Aurad Berjamaah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama |
Depositing User: | NURUL ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14816 |
Actions (login required)
View Item |