Komunikasi Publik Pada Program Jum’at Ngopi Di Pemerintah Kabupaten Kediri

Janjani, Ahmad (2024) Komunikasi Publik Pada Program Jum’at Ngopi Di Pemerintah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933515618_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
933515618_bab1.pdf

Download (224kB)
[img] Text
933515618_bab2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
933515618_bab3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933515618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
933515618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
933515618_bab6.pdf

Download (132kB)
[img] Text
933515618_daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
933515618_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
933515618_sp.pdf

Download (650kB)

Abstract

Komunikasi publik merupakan salah satu aspek penting dalam pemerintahan untuk menciptakan hubungan yang efektif antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Kediri telah mengimplementasikan program “Jum’at Ngopi” sebagai upaya untuk mewujudkan komunikasi publik yang baik. Program ini bertujuan untuk menciptakan ruang dialog antara pemerintah dan masyarakat, di mana berbagai persoalan dan solusi dapat dibahas secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui program “Jum’at Ngopi” serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses komunikasi publik dalam program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan, dengan mengacu pada metode triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program "Jum’at Ngopi" telah berhasil menciptakan ruang dialog yang efektif antara pemerintah dan masyarakat. Proses komunikasi publik yang diterapkan dalam program ini mencakup perencanaan yang matang, penggunaan media sosial sebagai sarana publikasi, dan pelibatan berbagai elemen masyarakat. Faktor pendukung utama dalam keberhasilan program ini adalah keterbukaan pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat. Namun, terdapat juga beberapa hambatan seperti kurangnya kesadaran sebagian masyarakat dan keterbatasan sumber daya. Program ini dapat dijadikan model bagi daerah lain dalam mengembangkan strategi komunikasi publik yang inklusif dan partisipatif. Namun, perlu adanya peningkatan kesadaran dan sumber daya untuk mengatasi hambatan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AHMAD JANJANI
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:08
Last Modified: 13 Sep 2024 08:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14803

Actions (login required)

View Item View Item