Persepsi Anak Usia 9-12 Tahun Terhadap Nilai-Nilai Islam Dalam Video Animasi Nussa Dan Rara Di TPQ Darussalam Badang Ngoro Jombang

Fauziah, Laelatul (2024) Persepsi Anak Usia 9-12 Tahun Terhadap Nilai-Nilai Islam Dalam Video Animasi Nussa Dan Rara Di TPQ Darussalam Badang Ngoro Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201197_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201197_bab1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
20201197_bab2.pdf

Download (678kB)
[img] Text
20201197_bab3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
20201197_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
20201197_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
20201197_bab6.pdf

Download (168kB)
[img] Text
20201197_daftarpustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
20201197_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)

Abstract

LAELATUL FAUZIAH. Dosen Pembimbing Dr. NOER HIDAYAH, M.Si dan SHEILA FAKHRIA, M.H. Persepsi Anak Usia 9-12 Tahun Terhadap Nilai-Nilai Islam Dalam Video Animasi Nussa Dan Rara Di TPQ Darussalam Badang Ngoro Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Persepsi, Nilai Islam, Nussa dan Rara Persepsi merupakan suatu proses yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuk tanggapan yang terjadi dalam diri individu sehingga individu sadar akan segala sesuatu dalam lingkungannya melalui indera-indera yang dimilikinya dimana seseorang merasakan sesuatu, mengorganisasikannya, dan menafsirkannya sehingga ia dapat menyadari dan memahami apa yang ia rasakan. Penggunaan berbagai media pembelajaran semakin luas salah satunya dengan berbasis video. Nussa Dan Rara merupakan salah satu video animasi karya anak bangsa Indonesia yang dibalut dengan pembelajaran-pembelajaran islami. Setiap video memiliki pesan yang disampaikan, namun tidak semua dapat memahami isi video sebab stimulus yang ditangkap. Nilai -nilai Islam gagasan tentang baik dan jahat, salah dan benar, dan diridhai Allah dan tidak diridhai Allah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi anak mengenai nilai-nilai islam yang terkandung dalam video animasi Nussa dan Rara di TPQ Darussalam Badang Ngoro Jombang serta mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan video animasi Nussa dan Rara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari anak usia 9-12 tahun, guru, serta orangtua santri TPQ Darussalam Badang Ngoro Jombang, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, maka : 1) Nilai-nilai islam yang terkandung dalam video meliputi adanya nilai keimanan yang disajikan dalam video Nussa dan Rara berupa nilai jujur, tolong menolong, sedekah, tidak boleh marah, jangan sombong, jangan boros, ikhlas, kasih sayang serta amanah. Adapun nilai ibadah dalam video animasi Nussa dan Rara ditunjukkan adanya nilai shalat itu wajib. Dan nilai akhlak ditunjukkan dengan adanya adab bertamu, adab makan, memulai sesuatu dengan bismillah yang telah disajikan dalam video animasi Nussa dan Rara. 2) Dampak positif yang diberikan adalah menambah wawasan ilmu anak mengenai ajaran islam terutama dalam nilai-nilai islam, ingatan anak menjadi lebih kuat dan menjadikan anak paham mengenai hal-hal yang baik dan buruk untuk dilakukan. Sedangkan dampak negatif yang diberikan adalah anak menjadi ketergantungan pada handphone dan berkurangnya minat belajar dengan membaca pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAELATUL FAUZIAH
Date Deposited: 12 Sep 2024 08:32
Last Modified: 12 Sep 2024 08:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item View Item