Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Fair & Lovely (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015 dan 2016)

Ekawati, Nur Farida (2019) Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Fair & Lovely (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2015 dan 2016). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931342715 Pra Bab.pdf

Download (398kB)
[img] Text
931342715 Bab I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
931342715 BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
931342715 BAB III.pdf

Download (266kB)
[img] Text
931342715 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
931342715 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
931342715 Bab VI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
931342715 Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
931342715 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perusahaan baik itu besar ataupun kecil, baru ataupun lama saling bersaing dalam merebut pasar. Bahkan seringkali mengeluarkan modal yang cukup besar agar produknya dapat bertahan di pasar. Dalam rangka memaksimalkan penjualan untuk meningkatkan pangsa pasar, Fair & Lovely melakukan promosi yang dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui periklanan dengan menggunakan celebrity endorsement. Penggunaan celebrity endorsement dalam sebuah iklan dirasa dapat membuat produk yang dipromosikan menjadi dikenal, diketahui dan diminati. Disadari atau tidak, kata-kata yang diucapkan dan bahkan terkadang hanya karisma dari seseorang yang menarik seperti celebrity akan mendapat perhatian yang lebih besar disamping sangat mudah untuk diingat dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen dari produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2015 dan 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden dengan karakteristik yaitu mahasiswa yang menggunakan produk Fair & Lovely. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis lewat uji T, uji koefisien determinasi (R2 ) dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Fair & Lovely pada mahasiswa ekonomi syariah IAIN Kediri angkatan 2015 dan 2016. Berdasarkan uji regresi linier sederhana variabel celebrity endorsement (X) berpengruh terhadap keputusan pembelian dengan thitung > ttabel yaitu (5,163 > 1,660). Berdasarkan uji t dapat disimpulkan celebrity endorsement berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri tahun angkatan 2015 dan 2016 pada produk Fair & Lovely dengan nilai thitung > ttabel yaitu (5,163 > 1,660) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 (0,000 < 0,05). Berdasarkan nilai Adjusted R Square 59,4% Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh celebrity endorsement, sedangkan sisanya yaitu 40,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Oct 2020 05:43
Last Modified: 08 Oct 2020 05:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item