Annisa, Zahroh (2024) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Guru PAI Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201060_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201060_bab1.pdf Download (415kB) |
|
Text
20201060_bab2.pdf Download (679kB) |
|
Text
20201060_bab3.pdf Download (308kB) |
|
Text
20201060_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) |
|
Text
20201060_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
20201060_bab6.pdf Download (134kB) |
|
Text
20201060_daftarpustaka.pdf Download (367kB) |
Abstract
Kemampuan teknologi, pedagogik dan konten pembelajaran harus dikuasai oleh setiap guru yang mana hal tersebut selaras dengan tujuan dari Kurikulum Merdeka. Ketidakmampuan guru dalam menguasai ketiga unsur tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang dilakukannya. SMAN 1 Plosoklaten merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dan pembelajaran berbasis TPACK. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan Technological Knowledge (TK) guru PAI pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Plosoklaten? 2) Bagaimana kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) guru PAI pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Plosoklaten? 3) Bagaimana kemampuan Content Knowledge (CK) guru PAI pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Plosoklaten?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di SMAN 1 Plosoklaten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan 1) Technological Knowledge (TK) guru PAI sudah mumpuni di mana teknologi digunakan sebagai jembatan penghubung antara materi dengan peserta didik seperti penggunaan aplikasi Quiziz dan Exambro, 2) Kemampuan Pedagogical Knowledge (PK) guru PAI telah terampil dalam melakukan pembelajaran yaitu dimulai dari tahap menyiapkan perangkat pembelajaran seperti modul ajar kemudian dilanjutkan pada tahap melaksanakan pembelajaran sesuai dengan ATP dan modul ajar kemudian tahap terakhir yaitu guru mengevaluasi pembelajaran melalui asesmen formatif dan sumatif, 3) Kemampuan Content Knowledge (CK) guru PAI telah menguasai materi pembelajaran dengan baik yang berlandaskan pada perangkat pembelajaran yaitu Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran Alur Tujuan Pembelajaran dan modul ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ZAHROH ANNISA |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:08 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14706 |
Actions (login required)
View Item |