Afdillah Maratus Sita, Afdillah (2024) Implementasi Program Kegiatan Rohani Islam Dalam Membentuk Karakter Relegius Siswa Di SDN 3 Bukur Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
93211009_prabab.pdf Download (620kB) |
|
Text
932110020_bab1.pdf Download (188kB) |
|
Text
932110920_bab2.pdf Download (571kB) |
|
Text
932110920_bab3.pdf Download (366kB) |
|
Text
932110920_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
|
Text
932110920_bab5.pdf Download (374kB) |
|
Text
932110920_bab6.pdf Download (258kB) |
|
Text
932110920_daftarpustaka.pdf Download (366kB) |
|
Text
932110920_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi sita_copy.pdf Download (182kB) |
Abstract
Implementasi merupakan sebuah tindakan dari suatu rencana yang telah disusun secara rinci untuk melaksanakan proses pembelajaran. Fenomena yang terjadi sekarang ini ialah kurangnya etika, khususnya etika belajar pada santri. Hal ini dipengaruhi oleh arus perkembangan zaman yang cepat. Oleh karena itu, ustadz mengharapkan terjadinya perubahan pada etika belajar santri melalui kitab Ta’lim Al-Muta’allim, agar para santri dapat berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari serta mendapatkan manfaat dari ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi dan hasil dari implementasi pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim untuk pembentukan etika belajar santri di Pondok Pesantren Hidayatut Tullab Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengecek keabsahan data dengan triangulasi sumber dan ketekunan pengamat. Kemudian teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim untuk pembentukan etika belajar santri di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab yakni: Pertama, perencanaan pembelajarannya meliputi: a) Ustadz mempelajari beberapa kitab syarah Ta’lim Al-Muta’allim, dan b) Ustadz mengamati kebiasaan santri untuk acuan dalam menjelaskan keterangan kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Kedua, pelaksanaan pembelajarannya meliputi: a) Lalaran nadzom Alfiyah Ibn Malik, b) Berdoa, c) Peroisan, d) Tanya jawab antara santri dengan rois, e) Pembacaan dan penjelasan kitab Ta’lim Al-Muta’allim oleh ustadz, f) Tanya jawab antara ustadz dengan santri, dan g) Pembelajaran ditutup dengan doa serta berjabat tangan. Ketiga, evaluasi pembelajarannya meliputi: a) Memperbaiki penyampaian materi, b) Memberikan contoh secara konkret, dan c) Mencairkan suasana di kelas. 2) Hasil dari implementasi pembelajaran kitab Ta’lim Al-Muta’allim untuk pembentukan etika belajar santri di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab yakni, a) Menghormati guru, b) Menghormati kitab, c) Berakhlak baik, d) Hasil akademik meningkat, serta e) Manfaat lainnya seperti dapat bersosialisasi dengan baik, dapat menjadi pribadi yang mudah menghafal, dan mendapatkan barokah dari kiai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AFDILAH MARATUS SITA |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14703 |
Actions (login required)
View Item |