FAUZIAH, BERLIAN NUR (2024) Metode Guru Pai Dalam Pembentukan Akhlaqul Karimah Di Smk Negeri 1 Paron Ngawi Tahun Akademik 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201161_prabab.pdf Download (687kB) |
|
Text
20201161_bab1.pdf Download (481kB) |
|
Text
20201161_bab2.pdf Download (820kB) |
|
Text
20201161_bab3.pdf Download (577kB) |
|
Text
20201161_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
Text
20201161_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
Text
20201161_bab6.pdf Download (176kB) |
|
Text
20201161_daftarpustaka.pdf Download (326kB) |
|
Text
20201161_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20201161_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (239kB) |
Abstract
Berlian Nur Fauziah, 2024. Dosen Pembimbing M.Alim Khoiri.S.H.I M.Sy dan Husnul Khotimah. Metode Guru PAI dalam Pembentukan Akhlaqul Karimah di SMK Negeri 1 Paron Ngawi Tahun Akademik 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci : Metode Guru PAI, Akhlaqul Karimah Tujuan penelitian tentang metode guru PAI dalam pembentukan Akhlaqul Karimah siswa SMKN 1 Paron adalah untuk melihat dinamika Akhlaqul Karimah siswa di SMK Negeri 1 Paron, mengetahui metode guru PAI dalam pembentukan Akhlaqul Karimah di SMK Negeri 1 Paron, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode guru PAI dalam pembentukan Akhlaqul Karimah siswa SMK Negeri 1 Paron. Untuk menjawab masalah-masalah tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif serta dijelaskan secara deskriptif yang diperlukan untuk menganalisis masalahmasalah kejadian, fenomena yang ada di tempat penelitian selanjutnya melakukan reduksi data yang diperoleh dengan mengelompokkan, mengarahkan, menyendirikan yang tidak perlu,sehingga bisa diambil sebuah kesimpulan.Yang kedua, data disajikan dalam narasi, selanjutnya tahap ketiga melakukan pengambilan sebuah kesimpulan dari data-data yang diperoleh. Hasil dari penelitian dalam Skripsi ini, yaitu: (1) Dinamika gambaran Akhlaqul Karimah siswa di SMK Negeri 1 Paron Tahun Akademik 2023/2024. Siswa SMK Negeri 1 Paron berasal dari berbagai daerah begitu pula berasal dari kalangan keluarga yang mampu dan kurang mampu. (2) Metode guru PAI dalam pembentukan Akhlaqul Karimah siswa SMK Negeri 1 Paron Ngawi Tahun Akademik 2023/2024. (3) Faktor pendukung dan penghambat metode Guru dalam pembentukan Akhlaqul Karimah di SMK Negeri 1 Paron Ngawi. Dari hasil yang diperoleh peneliti saat dilapangan, beberapa metode yang dilaksanakan oleh Guru PAI dalam Pembentukan Akhlaqul Karimah siswa SMK Negeri 1 Paron adalah : Metode keteladanan, metode pembiasaan, metode hukuman, metode nasihat, metode wirid, metode pengawasan dan perhatian. Disamping metode pembentukan akhlak tersebut diatas terdapat peran-peran yang sangat penting dari guru agama yaitu : berdoa sebelum pelajaran dimulai, melantunkan Asma’ul Husna, membiasakan membaca Al-Qur’an, pembiasaan Shalat Dhuha, pembiasaan Shalat Dhuhur Berjama’ah, melalui Upacara Bendera. Faktor pendukung dan penghambat Metode Guru PAI dalam pembentukkan Akhlaqul Karimah siswa SMKN 1 Paron Tahun Akademik 2023/2024 adalah: faktor Pendukung orang tua, fasilitas Prasarana yang sudah ada, mempunyai komitmen kebersamaan. Faktor Penghambatnya adalah : belum adanya kesadaran yang ikhlas dalam hati siswa. tersedianya waktu yang kurang saat salat dhuhur, lingkungan yang kurang bersahabat dalam pembentukan Akhlaqul Karimah siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Berlian Nur Fauziah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14701 |
Actions (login required)
View Item |