Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Plus Rahmat Kediri

Fajriyaani, Alya (2024) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Plus Rahmat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932409219_Prabab.pdf

Download (498kB)
[img] Text
932409219_bab 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932409219_bab 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932409219_bab 3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932409219_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932409219_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
932409219_bab 6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932409219_daftar_pustaka.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932409219_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi .pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Implementasi sarana dan prasarana Karena peneliti fokus pada bagaimana sekolah tersebut dalam mengelola fasilitas dan infrastruktur untuk mendukung proses belajar mengajar. Ini mencakup perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, dan penghapusan sarana seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, serta prasarana lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMP Plus Rahmat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator bidang sarana, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan data yang sesuai kemudian dilakukan triangulasi data Berdasarkan Hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan terlaksana dengan baik. Dengan melakulan tahap awal 1) Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan yang meliputi Analisis kebutuhan dengan cara mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan prosedur perencanaan sarana dan prasarana sesuai dengan yang didiskuasikan oleh lembaga dengan menggunakan RAPBS untuk menentukan anggaran, dan anggaran yang di peroleh sekolah dari dana bos dan yayasan. 2) Kegiatan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan sesuai prosedur pengadaan sarana dan prasarana yang telah di tetapkan oleh lembaga dan untuk pembelian dan pembeharuan sesuai yang tertuang di RKAS yang akan dibelikan di aplikasi SIPlah. 3) Inventarisasi sarana dan prasarana di lakukan setiap 2/3 bulan sekali dengan pengawasan koordinator sarana dan prasarana dan celaning sevice. 4) Pemeliharaan sarana dan prasarana bertujuan untuk menjaga agar sarana dan prasarana kondisi dengan baik dan siap pakai dengan dengan dibantu oleh tim khusus dalam pemeliharaan yang terdiri dari koordinator sarana dan prasarana, supervisor dan cleaning service 5) Penghapusan sarana dan prasarana sekolah belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alya Fajriyaani
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:07
Last Modified: 03 Sep 2024 08:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item