Lestari, Novita Sri (2024) Pengaruh Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20404016_prabab.pdf Download (513kB) |
|
Text
20404016_bab1.pdf Download (291kB) |
|
Text
20404016_bab2.pdf Download (242kB) |
|
Text
20404016_bab3.pdf Download (174kB) |
|
Text
20404016_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
20404016_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
20404016_bab6.pdf Download (127kB) |
|
Text
20404016_daftar_pustaka.pdf Download (176kB) |
Abstract
Perkembangan sektor energi, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, namun di sisi lain dapat menimbulkan dampak negatif berupa pencemaran lingkungan. Perusahaan sektor energi dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya salah satunya melalui tanggung jawab sosial perusahaan, yang diharapkan dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat dari eksplorasi sumber daya alam serta meningkatkan reputasi yang baik di kalangan publik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic Social Reporting (ISR) terhadap reputasi perusahaan pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana yang terdiri analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 33 perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan tahunan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap reputasi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki skor ISR tinggi memiliki reputasi yang lebih baik di mata publik. Temuan ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan pengungkapan ISR untuk menarik investor berorientasi Islam dan meningkatkan reputasi, serta mendorong regulator untuk mendukung implementasi ISR di Indonesia, sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan di era globalisasi dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150106 Sustainability Accounting and Reporting 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150108 Syariah Accounting (Akuntansi Syariah) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Novita Sri Lestari |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14481 |
Actions (login required)
View Item |