Yasin, Muhamad (2020) Implementasi Pembelajaran Aswaja Di Madrasah Aliyah Al-Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
pra bab.pdf Download (687kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (305kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (473kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (194kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
bab 6.pdf Download (168kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (234kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Fenomena empris yang terjadi pada masa akhir-akhir ini,dengan adanya perkelahian pelajar, penggunaan narkoba dan kasus-kasus kenakalan remaja lain, merupakan sorotan bagi pendidikan agama. Di samping itu, banyaknya aliran-aliran agama yang menyimpang dari ajaran Ahlussunnah wal Jama‟ah. Oleh karena itu pada pendidikan dasar perlu memberikan pendidikan dan pembelajaran agama yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama‟ah. Dengan Pembelajaran Ahlussunnah wal Jama‟ah, akan dapat sebagai benteng diri siswa dalam menghadapi berbagai permasalahan yang berkembang saat ini. Pembelajaran Ahlussunnah wal Jama‟ah (Aswaja) merupakan salah satu komponen yang dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Perencanaan pembelajaran Aswaja di MA Al-Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja di MA Al-Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Evaluasi dari pembelajaran Aswaja di MA Al-Karim Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk kategori jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan rangkaian kegiatan atau proses pengungkapan rahasia sesuatu yang belum diketahui dengan mengunakan metode wawancara, studi dokumentasi, dan menganalisis data yang sudah di temukan dilapangan. Hasil penelitan: (1) Perencanaan Pembelajaran berkaitan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat komponen, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi, Pendekatan, Metode, Teknik Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, Sumber/Media Pembelajaran, Penilaian. (2) Pelaksanaan Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan berupa langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. (3) Pengevaluasian Pembelajaran ini menggunakan penialian proses dan hasil. Keberhasilan pembelajaran tidak lepas dari lembaga penyelanggara pendidikan hendaknya memaksimalkan pembinaan dan pengawasan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Disamping itu, menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk pembelajaran aswaja. Bagi peneliti, dengan penelitian ini, peneliti lain dapat menggali lebih dalam dan menindak lanjuti hasil maupun temuan penelitian ini, dengan memperluas jangkauan sasaran pembelajaran dan menemukan penelitian serupa dengan kajian lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 05:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 05:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |