Ainingrum, Ida Lailatul (2019) Korelasi Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Xi Di Ma Al-Khidmah Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134915 - PRA BAB .pdf Download (1MB) |
|
Text
932134915 - BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
932134915 - BAB II .pdf Download (430kB) |
|
Text
932134915 - BAB III .pdf Download (466kB) |
|
Text
932134915 - BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
|
Text
932134915 - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
932134915 - BAB VI .pdf Download (289kB) |
|
Text
932134915 - DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (299kB) |
|
Text
932134915 - LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan ukuran keberhasilan atau kemampuan seseorang dalam menyelesaikan jenjang pendidikannya. Peran serta keluarga khususnya perhatian orang tua diperlukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar yang optimal, dengan perhatian orang tua anak merasa diarahkan, dibimbing dan diberikan pengajaran yang optimal. Guna menciptakan prestasi yang baik diperlukan pula model potensi diri berupa motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan dorongan individu dalam meningkatkan kemampuan diri untuk menyesuiakan diri terhadap situasi yang dihadapi. Dengan adanya perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa akan mampu untuk meningkatkan prestasi belajar. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut : Pertama, seberapa besar korelasi antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?, Kedua seberapa besar korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?, ketiga,seberapa besar korelasi antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi data seluruh siswa kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot sebanyak 70 siswa, dan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara random sampling, instrumen yang digunakan adalah angket, teknis analisis yang digunakan adalah product moment untuk mengetahui korelasi antara variabel X dan variabel Y, untuk mengetahui seberapa besar koreasi dan pengaruhnya antara variabel X1 dan X2 terhadap Y penulis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Terdapat korelasi yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot sebesar 77,6%, b) Terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 85%, c) Terdapat korelasi yang signifikan antara perhatian orangtua dan motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 76,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 04:25 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 04:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
View Item |