Peran Guru Pai Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 2 Ngadiluwih. Tahun Pelajaran 2016/ 2017

HARDIANTI, ENI (2017) Peran Guru Pai Dalam Memotivasi Siswa Di SMPN 2 Ngadiluwih. Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
sampul dan lampiran - Copy2_persetujuan.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
lampiran - surat penelitian_RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam lembaga pendidikan agama islam, Guru PAI memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai pembimbing, yang mana sangat berkaitan dengan praktik keseharian. Untuk dapat menjadi seorang pembimbing, guru harus mampu memperlakukan para siswa dengan menghormati dan menyayanginya. Dan juga mencontohkan perilaku yang sesuai dengan ajaran islam. Salah satunya dengan mengajarkan kepada siswa arti jilbab sebenarnya. Yang jilbab itu sendiri adalah pakaian longgar yang dikenakan wanita Islam untuk menutup auratnya dari kepala hingga kaki agar kehormatan terjaga. Dengan memakai jilbab maka seorang wanita akan dihargai dan dihormati. Dan tentunya berjilbab itu harus sesuai dengan tuntutan agama Islam. Dalam proses pelaksanaannya guru agama islam bertanggung jawab dalam memotivasi siswa memakai jilbab. Tujuannya, yang mana guru dalam membiasakan berperilaku setiap harinya dengan memakai jilbab disekolah yang sesuai dengan ajaran agama islam tidak terlepas dari adanya sebuah tujuan, yang mana tujuan tersebut siswa termotivasi untuk memakai jilbab. Dengan harapan siswa disini dapat belajar memakai jilbab sesuai dengan ajaran islam serta menjadi hamba Allah yang senantiasa menjalankan amalan-amalan dari ajaran agama islam dalam kesehariannya dari sedikit pemaparan diatas maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana motivasi siswa dalam memakai jilbab di SMPN 2 Ngadiluwih? 2). Bagaimana peran guru pai dalam memotivasi siswa dalam memakai jilbab di SMPN 2 Ngadiluwih? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif, untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi, tahap-tahap peneliti melalui tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap penulisan laporan data. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa peran guru pai dalam memotivasi siswi memakai jilbab di SMPN 2 Ngadiluwih adalah 1) adanya motivasi dari sendiri untuk memakai jilbab, adanya perekembangan zaman, serta peran kepala sekolah dan orang tua peserta didik. 2) peran guru pai yang sangat berperan dalam pemakaian jilbab siswa. Yang peran guru pai itu sendiri terbagi menjadi 3 yaitu : guru sebagai penasehat, guru sebagai model (uswah), guru sebagai pembimbing. Dengan adanya peran guru tersebut siswa di SMPN 2 Ngadiluwih termotivasi untuk memakai jilbab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:37
Last Modified: 08 Feb 2019 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item