Pengembangan Media Phia Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III Di SDN Ngronggo V Kota Kediri

Sephia, Solikhatus (2024) Pengembangan Media Phia Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III Di SDN Ngronggo V Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206025_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206025_bab1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
20206025_bab2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
20206025_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
20206025_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206025_bab5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
20206025_daftarpustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text
932602520_suratpernyataan.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran yang disebut Phia Box pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian bagi siswa kelas III di SDN Ngronggo V Kota Kediri. Adapun yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian ini adalah berdasarkan wawancara dan observasi dengan guru kelas III yang ada di SDN Ngronggo V Kota Kediri yang dimana siswa mengalami kelemahan dalam memahami perkalian dan pembagian. Dari wawancara ini ditemukan permasalahan dan siswa dalam memahami perkalian dan pembagian serta penyebab dari permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik analisis data ini menggunakan jenis statistika deskriptif untuk pengolahan data angket dan menggunakan uji N-Gain untuk mengolah data dalam mengukur ke efektifitas. Melalui tahapan tersebut, telah dikembangkan produk Phia Box sebagai media pendukung pembelajaran. Produk ini diuji coba dan direvisi berdasarkan masukan dari para ahli, termasuk ahli materi dan ahli media. Validasi menunjukkan bahwa Phia Box layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 97,92% dari ahli media dan 98,07% dari ahli materi. Kesimpulannya, pengembangan media Phia Box dapat mempengaruhi secara positif kegiatan belajar mengajar di kelas III SDN Ngronggo V Kota Kediri. Media ini terbukti efektif dengan nilai rata-rata N-Gain persen sebesar 80,98dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perkalian dan pembagian serta menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SOLIKHATUS SEPHIA
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:03
Last Modified: 13 Sep 2024 07:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item