Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Baru. Studi Pada: Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri

Wahyuni, Lailla Devi Putri (2024) Peran Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Baru. Studi Pada: Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934213519_Prabab.pdf

Download (789kB)
[img] Text
934213519_bab1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
934213519_bab2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
934213519_bab3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
934213519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
934213519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
934213519_bab6.pdf

Download (11kB)
[img] Text
934213519_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
934213519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
934213519_FormPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (114kB)

Abstract

Kualitas pelayanan sebuah bank merupakan salah satu unsur penting terhadap keberlangsungan dan citra lembaga perbankan. Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri merupakan bank Syariah yang baru berdiri di Kota Kediri yang dalam perkembangannya berupaya mengembangkan pelayanan prima yang berkualitas yang akan diberikan kepada nasabah. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pelayanan prima di BCA Syariah KCP Kota Kediri dan bagaimana peran pelayanan prima di BCA Syariah KCP Kota Kediri dalam meningkatkan jumlah nasabah baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Data primer diperoleh dari hasil wawancara secara langsung dengan kepala pimpinan, karyawan, dan nasabah bank BCA Syariah KCP Kota Kediri dengan keseluruhan informan sebanyak 11 narasumber. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui laman website bank BCA Syariah. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi berupa triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa: 1) Pelayanan prima yang terdapat di Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri meliputi kemampuan, perilaku, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab. Selain karyawan yang responsive dalam mengatasi keluhan, terdapat call center Hallo BCA untuk mengadukan keluhan yang dapat diakses kapan saja. Mesin ATM BCA yang mudah ditemukan diberbagai daerah menjadi daya tarik lain untuk nasabah. 2) Peran pelayanan prima yang diterapkan bank BCA Syariah KCP Kota Kediri meliputi keramahan dalam pelayanan dengan menerapkan budaya 3S, berusaha memberikan pelayanan yang cepat tanggap, brain smart, breafing, review pelayanan, survey ketempat lain, serta evaluasi dan mempertahankan konsisten dalam pelayanan. Adanya pengukuran system penilaian Marketing Research Indonesia (MRI) membantu pihak BCA Syariah KCP Kota Kediri dalam mengevaluasi serta menerapkan pelayanan prima. Adanya penerapan pelayanan prima yang tepat serta penilaian MRI sebagai evaluasi pelayanan tersebut berperan dalam meningkatkan jumlah nasabah setiap tahun pada Bank BCA Syariah KCP Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020301 Bank (incl. Bank Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Lailla Fevi Putri Wahyuni
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:06
Last Modified: 23 Aug 2024 08:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item