WULANDARI, RENI (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ORGANISASI GERAKAN PEMUDA ANSOR (Studi Kasus Di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138514_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932138514_BAB I.pdf Download (655kB) |
|
Text
932138514_BAB I.pdf Download (655kB) |
|
Text
932138514_BAB II.pdf Download (465kB) |
|
Text
932138514_BAB III.pdf Download (378kB) |
|
Text
932138514_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
|
Text
932138514_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
932138514_BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
932138514_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Organisasi. Pendidikan karakter merupakan sebuah urgensi untuk menyikapi perubahan sosio kultural yang seringkali kompleks dan memicu krisis identitas yang berpotensi mendegradasi karakter berbangsa bertanah air. Sistem pendidikan formal serasa tidak cukup mampu mengemban fungsi edukasinya dalam menguatkan karakter pada generasi penerus bangsa yang menempuh pendidikan di Indonesia saat ini. Padahal poin kemajuan berbangsa dalam progress pembangunannya bergantung dari suksesi semua lini pembangunan kepada kalangan pemuda sebagai generasi penerus. Salah satu pendidikan nonformal yang bisa diharapkan membangun karakter adalah melalui organisasi masyarakat. GP Ansor dalam hal ini menjadi salah satu organisasi yang menaungi para pemuda sehingga pendidikan karakter sangat penting tidak hanya untuk keberlangsungan organisasi tetapi juga bangsa Indonesia secara umum. Peneliti mengambil tempat penelitian di GP Ansor PAC Ngancar kabupaten Kediri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di organisasi GP Ansor beserta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya di GP ansor PAC Ngancar kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Analisis datanya meliputi: editing, classifying, verifying, analiyzing, concluding. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, deskripsi data, pengamatan dan tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam organisasi GP Ansor PAC Ngancar kabupaten Kediri diaplikasikan melalui kegiatan rutin yang direncanakan kemudian dilaksanakan untuk selanjutnya dievaluasi dengan sistem borang akreditasi dilaporkan kepada Pengurus Cabang kabupaten Kediri. Faktor pendukung antara lain Memiliki kader yang usianya muda sehingga mobilitas dan militansinya dalam berorganisasi tinggi sehingga menunjang implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di GP Ansor PAC Ngancar, Memiliki tokoh-tokoh yang dapat memberikan teladan yang baik sehingga implementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan GP Ansor PAC Ngancar berjalan baik, Memiliki program kegiatan yang mengimplementasikan pendidikan karakter yang bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat umum, dan Mendapatkan dukungan dari pemerintah dan perangkat birokrasi di kecamatan Ngancar. Di sisi lain terdapat beberapa faktor penghambat implementasi antara lain keterbatasan modal keuangan organisasi, Adanya rangkap jabatan yang dilakukan jajaran pengurus, dan Stigma negatif masyarakat Ngancar terutama di golongan tua terhadap organisasi GP Ansor.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 03:02 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 03:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1413 |
Actions (login required)
View Item |