Manajemen Program Unggulan Sistem Kredit Semester Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri

Maulidiya, Fadila Rizky (2024) Manajemen Program Unggulan Sistem Kredit Semester Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205043_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20205043_bab1.pdf

Download (551kB)
[img] Text
20205043_bab2.pdf

Download (818kB)
[img] Text
20205043_bab3.pdf

Download (455kB)
[img] Text
20205043_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
20205040_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
20205043_bab6.pdf

Download (435kB)
[img] Text
20205043_daftar_pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
20205043_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (118kB)

Abstract

Dalam mencapai kualitas pendidikan yang baik, dalam impelementasinya kita harus berinovasi sebuah program kurikulum pendidikan dimana kedepannya bisa mengembangkan dan memaksimalkan potensi-potensi para peserta didik. Untuk mewujudkan sistm pembelajaran yang berkualitas, diperlukan adanya usaha dalam memajukan dan mengembangkan setiap individu dengan meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan Perencanaan Program Unggulan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. 2. Untuk mendeskripsikan Perorganisasian Program Unggulan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. 3. Untuk mendeskripsikan Penggerakan Program Unggulan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. 4. Untuk mendeskripsikan Pengawasan Program Unggulan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model penyajian data,penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Perencanaan SKS ini, a. pertama penentuan visi,misi,dan tujuan. b. Madrasah mengadakan rapat sekaligus workshop kepada para jajaran guru mempelajari langkah membuat UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). c. Pembuatan Modul UKBM untuk siswa percepatan agar mempermudah mereka dalam pembelajaran. 2. Pengorganisasian SKS dengan membentuk tim pengembangan SKS dipilih berdasarkan musyawarah bersama, Pada tahap ini madrasah mengadakan sosialisasi penyelenggaraan SKS kepada wali murid. 3. Pelaksanaan SKS ini a. Siswa memilih beban belajar dan mata pelaran, b. Pemetaan profil peserta didik, c. Penentuan minat peserta didik, d. Penentuan rombongan pembimbingan, e. Penentuan jadwal kegiatan, f. Penilaian hasil belajar, g. Penentuan kriteria kelulusan,stategi peneloaan pembelajaran. 4. Evaluasi kurikulum SKS yaitu, a. Evaluasi Sumberdaya Manusia. b. Evaluasi pelaksanaan program unggulan sistem kredit semester, evaluasi ini dengan mengadakan rapat dengan departemen agama dan widyaswara terkait SKS dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Depositing User: FADILA RIZKY MAULIDIYA
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:38
Last Modified: 12 Aug 2024 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item View Item