UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA (STUDI KASUS DI SMKN 1 KERTOSONO)

NASIKHAH, DHURROTUN (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI SISWA (STUDI KASUS DI SMKN 1 KERTOSONO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932142014_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932142014_BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932142014_BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932142014_BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932142014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
932142014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
932142014_BAB VI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932142014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Guru PAI, Kontrol diri, Siswa. Dampak globalisasi yang berdampak pada kehidupan manusia sangat beragam, terutama pada remaja mulai dari sisi positif maupun negatif. Dalam hal ini remaja sebagai harapan bangsa harus benar-benar memanfaatkan kemajuan dan modernisasi sebaik-baiknya. Hal ini memerlukan upaya pengendalian perilaku sebagai kontrol perilaku agar siswa tidak terjerumus pada perilaku menyimpang seperti narkoba, seks bebas ataupun yang lainnya. Tujuan dari pengetahuan ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa di SMKN 1 Kertosono melalui behavior control (kontrol perilaku), kontrol kognitif dan kontrol keputusan. Mendeskripsikan kegiatan apa saja yang dapat meningkatkan self control siswa di SMKN 1 Kertosono, dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan self control di SMKN 1 Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus yang berada di SMKN 1 Kertosono. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi akan dilanjutkan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan dengan mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar terhadap data yang telah terkumpul. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan self control siswa berhasil dilakukan melalui 3 cara: 1). Melalui kontrol perilaku dilakukan dengan pembiasaan sholat berjamaah dan sholat jum’at serta bersikap sopan. 2).melalui kontrol kognitif dilakukan dengan pembinaan membaca AlQur’an dengan benar sesuai hukum bacaan tajwid, memberikan pemahaman dan pengertian tentang pendidikan agama Islam dan melalui guru sebagai teladan serta kebiasaan bersikap jujur, 3).melalui kontrol keputusan dilakukan dengan Menumbuhkan kesadaran beribadah dan berfikir sebelum bertindak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:05
Last Modified: 28 Sep 2020 04:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item