KABIBAH, NUR (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KEAGAMAAAN DI MA HASAN MUCHYI KAPUREJO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111414_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932111414_BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
932111414_BAB II.pdf Download (424kB) |
|
Text
932111414_BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
932111414_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
Text
932111414_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
932111414_BAB VI.pdf Download (309kB) |
|
Text
932111414_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum, Muatan Lokal Keagamaan Pendidikan dapat berhasil apabila kurikulumnya disusun dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tidak cukup itu saja, tetapi juga dibutuhkan kurikulum muatan lokal keagamaan. Hal ini diperlukan untuk pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan potensi daerah, minat, kebutuhan peserta didik dan kebutuhan daerah. Berdasarkan latar belakang diatas MA Hasan Muchyi Kapurejo sebagai lembaga pendidikan Islam yang berada ditengah masyarakat yang masih kental keagamaannya perlu melaksanakan kurikulum muatan lokal keagamaan. Kurikulum muatan lokal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang agama, mengetahui materi kurikulum muatan lokal keagamaan, metode kurikulum muatan lokal keagamaan, dan evaluasi kurikulum muatan lokal di MA Hasan Muchyi Kapurejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang guru dan 2 siswa yang mengetahui tujuan diadakan kurikulum muatan lokal. Pengambilan data ini menggunakan observasi siswa saat pembelajaran, wawancara guru muatan lokal dan dokumentasi data-data pelengkap wawancara dan observasi dengan cara mengorganisasikan data kedalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, sehingga memperoleh gambaran umum tentang keadaan sebenarnya di MA Hasan Muchyi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal keagamaan yang meliputi materi yang berupa tarbiyah, ta’lim, aswaja, nahwu, shorof, mustholah hadist, sulam taufiq, ushul fiqh, dalam proses pembelajaran telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Karena yang dikaji kitab kuning jadi metode yang digunakan untuk muatan lokal keagamaan seperti: ceramah, tanya jawab, praktik, membaca (sorogan), dan menterjemahkan (murodi). Evaluasi pembelajaran kurikulum muatan lokal keagamaan, secara umum yang diadakan di akhir/setiap semesternya ketika ujian berlangsung yaitu ada 3: a. syafahi secara lisan, b. tahriri secara tulis, c. praktik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 03:54 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 03:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1400 |
Actions (login required)
View Item |