Implementasi Tata Tertib Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri

ASTUTI, NOVITA DWI (2024) Implementasi Tata Tertib Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201193_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20201193_bab1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
20201193_bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
20201193_bab3.pdf

Download (356kB)
[img] Text
20201193_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
20201193_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
20201193_bab6.pdf

Download (326kB)
[img] Text
20201193_daftarpustaka.pdf

Download (335kB)
[img] Text
20201193_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20201193_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (204kB)

Abstract

Novita Dwi Astuti, Dosen pembimbing Prof.Dr.Syamsul Huda,M.Ag dan Zakiyatus Soimah,M.HI, Implementasi Tata Tertib Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan Di Pesantren Pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Tata Tertib, Kedisiplinan, Kegiatan Keagamaan Tata Tertib merupakan suatu aturan yang dibuat dalam suatu lembaga dengan harapan agar tujuan awal dari sebuah lembaga pondok pesantren berjalan dengan baik. Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan non formal yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan, yang salah satunya adalah kegiatan keagamaan. Dalam suatu kegiatan yang dilakukan tentu terdapat tata tertib yang diterapkan sehingga dapat berjalan dengan baik dan terdapat sikap disiplin oleh santri dalam menjalanka n sebuah tata tertib tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bentuk tata tertib yang ada di pesantren, 2) Untuk mendeskripsika n penerapan tata tertib dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, 3) Untuk mendeskripsikan dampak dari penerapan tata tertib dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelit ia n studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk tata tertib di pesantren pelajar Al-Fath dibentuk oleh pengurus dan disahkan oleh pengasuh, bersifat mengikat serta terdapat konsekuensi yang bersifat mendidik, bentuk konsekuensi atau punishme nt yang merupakan bagian dari pendidikan dan menjadikan lebih baik seseorang kedepannya. 2) Penerapan tata tertib dilakukan dengan tujuan agar para santri semakin tertib dan disiplin dalam menjalankan kegiatan keagamaan, dengan upaya pengurus yang selalu mengingatkan setiap saat dan memberi contoh dalam melakukan kegiatan tersebut, konsekuensi dibagi menjadi tiga bagian yaitu pelanggaran ringan, pelanggaran sedang, dan pelanggaran berat. 3) Dampak dari diterapkannya tata tertib membuat santri semakin disiplis terutama dalam menjalankan kegiatan keagamaan, membuat santri memiliki sikap tanggung jawab atas dirinya sendiri, membuat santri bisa mencerminkan sikap seorang santri, dan dampak negatifnya masih terdapat sedikit santri yang melanggar hal itu didasarkan dari niat individu seseorang santri itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NOVITA DWI ASTUTI
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:40
Last Modified: 15 Aug 2024 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13998

Actions (login required)

View Item View Item