AZMI, IKRIMA ULUL (2018) PENERAPAN METODE AL-QASIMI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAHFIZHUL QUR’AN AL-IKHLAS KERTOSONO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932138314_PRA BAB.pdf Download (867kB) |
|
Text
932138314_BAB I.pdf Download (431kB) |
|
Text
932138314_BAB II.pdf Download (751kB) |
|
Text
932138314_BAB III.pdf Download (283kB) |
|
Text
932138314_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
932138314_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text
932138314_BAB VI.pdf Download (433kB) |
|
Text
932138314_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
Abstract
Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Al-Qasimi Menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah, diperlukan metode-metode khusus ketika menghafalkannya. Berkaitan dengan hal tersebut maka skripsi ini mengkaji tentang penerapan metode Al-Qasimi dalam menghafal Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Tahfizhul Qur’an Al-Ikhlas Kertosono. Dengan fokus penelitian penerapan metode Al-Qasimi dalam menghafal Al-Qur’an, evaluasi dari hasil penerapan metode Al-Qasimi dan prestasi santri dalam menghafalkan Al-Qur’an dengan metode Al-Qasimi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu mendiskripsikan penerapan metode Al-Qasimi dalam menghafal Al-Qur’an, evaluasi dan prestasi santri di Madrasah Diniyah Tahfizhul Qur’an Al-Ikhlas Kertosono. Ditinjau dari objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yaitu di Madrasah Diniyah Tahfizhul Qur’an Al-Ikhlas Kertosono. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penarikan kesimpulannya melalui tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan yang pertama yaitu; penerapan metode Al-Qasimi dalam menghafal Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Tahfizhul Qur’an Al-Ikhlas Kertosonoadalah ustadz membacakan ayat yang akan dihafalkan oleh santri dan santri menirukan beberapa kali baru menghafalkannya. Kedua, evaluasi dari penggunaan metode AlQasimidilakukan dengan dua cara yaitu menilai per surat dan menilai per buku paket dengan ustadz menyimak hafalan dan menilai dari segi kelancaran, makharijulhuruf dan tajwidnya. Ketiga, prestasi santri dalam menghafalkan Al-Qur’an adalah sebagaimana hasil dari enilaian hafalan dengan menggunakan metode Al-Qasimi, hafalan santri lebih banyak dibandingkan sebelum menggunakan metode Al-Qasimi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021407 Maharat al-Istima' (Listening Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 04:51 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 04:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1391 |
Actions (login required)
View Item |