UPAYA GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN DI SMK PGRI 1 JOMBANG

TRIANA, JENI (2018) UPAYA GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL KEAGAMAAN DI SMK PGRI 1 JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135714_PRA BAB.pdf

Download (621kB)
[img] Text
932135714_BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
932135714_BAB II.pdf

Download (277kB)
[img] Text
932135714_BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932135714_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
932135714_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
932135714_BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
932135714_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap Sosial Keagamaan Sikap sosial adalah kemampuan individu memahami perasaan orang lain disertai dengan kecenderungan perilaku atau tindakan yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan sosial yang individu alami untuk hidup yang baik antar manusia. Dalam pembentukan sikap sosial keagamaan di SMK PGRI 1 Jombang guru pendidikan Agama Islam menerapkan pada kegiatan keseharian peserta didik. Fokus penelitian ini adalah apa saja upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap sosial keagamaan peserta didik, apa saja macam-macam sikap sosial keagamaan yang di tenamkan oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan sikap sosial keagamaan. Metode dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triagulasi. Hasil penelitian ini mengungkap, bahwa: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Sosial Keagamaan yang diterapkan di SMK PGRI 1 Jombang menunjukkan adanya beberapa upaya guru, yaitu: (1) Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan shalat dhuha secara berjamaah. Hal ini bertujuan agar peserta didik terbiasa shalat dhuha dan juga berjamaah adapun hal lain yang diharapkan yaitu adanya kerukunan dalam kegiatan shalat berjamaah. (2) Mengadakan kegiatan sosial yang dilakukan di panti asuhan dan panti jompo. (3) Melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan yang nantinya berdampak pada keseharian peserta didik. (4) Penekanan keagamaan pada ekstra kulikuler remas yang menjadi kegiatan diluar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (5) Memberikan keteladanan pada peserta didik yang sudah menjadi kewajiban seorang guru. Dan macam-macam kegiatan sosial keagamaan yang ditanamkam adalah membiasakan shalat berjamaah, mewajibkan peserta didik dalam jumat bersih. Dan faktor pendukungnya yaitu peraturan sekolah, kegaiatan keagamaan dan bakti sosial, kerjasama guru dan guru lain. Disamping itu fakor pengahambat meliputi pengaruh dari luar sekolah,minat peserta didik, pengaruh antar teman disekolah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:10
Last Modified: 14 Sep 2020 03:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item