Putri, Isti Ariska Fauzi (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA DI SMA NEGERI 1 NGRONGGOT NGANJUK (TAHUN AJARAN 2017/2018 ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932129114_PRA BAB.pdf Download (785kB) |
|
Text
932129114_BAB I.pdf Download (476kB) |
|
Text
932129114_BAB II.pdf Download (845kB) |
|
Text
932129114_BAB III.pdf Download (396kB) |
|
Text
932129114_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text
932129114_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
932129114_BAB VI.pdf Download (461kB) |
|
Text
932129114_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Membina Perilaku Siswa Strategi merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan, terlebih terkait erat dengan proses pembinaan perilaku siswa. Dalam proses pembinaan perilaku atau akhlaq siswa, seorang guru agama Islam dalam penyampaian materi agama pun harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka pembinaan perilaku siswa mampu berjalan dengan baik dan peranan utama dalam proses pembinaan perilaku atau akhlaq peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan tersebut, maka seorang guru agama Islam harus mampu menggunakan strategi dalam penyampaian materinya. Bila penyampaian materi ini secara maksimal ini telah diupayakan oleh guru PAI, seharusnya bias dipastikan bahwa perilaku peserta didik akan menjadi lebih baik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Strategi guru PAI dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 1 Ngronggot Nganjuk Tahun Ajaran 2017 / 2018” dan maslaah yang diteliti adalah: (1)bagaimana strategi guru PAI dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 1 Ngronggot Nganjuk(2) bagaimana guru PAI melaksanakan strategi dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 1 Ngronggot Nganjuk? (3) bagaimana hasil strategi guru PAI dalam membina perilaku siswa di SMA Negeri 1 Ngronggot Nganjuk? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam teknih pengumpulan data meliputi observasi, interview, dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngronggot Nganjuk. Hasil penelitian menunujukan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam yaitu dengan (1) merencanakan strategi guru pendidikan agama Islam melalui intergrasi dalam pembelajaran disini mengunakan metode discovery learning siswa dituntut untuk mandiri dan memcahkan masalahnya sendiri melalui RPP, pembelajaran demonstrasi, berperilaku baik dan sopan atau integrasi modeling, mengamati berita terbaru dan dipresentasikan didepan kelas dan memberi sanksi atau teguran-teguran bagi siswa yang melanggar aturan sekolah.(2) melaksanakan strategi guru pendidikan agama Islam melalui integrasi luar pembelajaran berupa melaksanakan membuat majelis taklim dan sholat berjamaah seperti sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha berjamaah dan sholat jumat berjamaah.(3) hasil strategi guru pendidikan agama islam berupa disini hasilnya sudah signifikan selain siswa mengalami perbaikan perilaku di setiap semesternya seperti lebih dislipin dan menaati peraturan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 05:29 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 05:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1378 |
Actions (login required)
View Item |