Mawarti, Kristina Bela (2024) Pengembangan Media Jam Math Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 2 Pada Materi Satuan Waktu Di MI Ma'arif NU Insan Cendekia Betet. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206077_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206077_bab1.pdf Download (620kB) |
|
Text
20206077_bab2.pdf Download (733kB) |
|
Text
20206077_bab3.pdf Download (805kB) |
|
Text
20206077_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206077_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
Text
20206077_daftarpustaka.pdf Download (498kB) |
|
Text
Surat Persetujuan Publikasi.pdf Download (199kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Jam Math, Pemahaman Siswa, Materi Satuan Waktu Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengeavluasi media pembelajaran yang disebut Jam Math pada materi satuan waktu untuk siswa kelas 2 MI Ma’arif NU Insan cendekia Betet. Adapun yang tujuan terlaksananya penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan media Jam Math 2) menngetahui kelayakan atau kevalidan media Jam Math 3) mengetahui efektivitas media Jam Math. Penelitian ini merupakan model penelitian Research and Development dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni Analysis (Analisis), Desaign (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi).Teknik analisis data yang digunakan adalah jenis statistika deskriptif untuk mengolah data angket dan Uji T-tes Wilcoxon untuk mengolah data dalam mengukur efektivitas. Melalui tahapan tersebut telah dikembangkan produk media Jam Math sebagai media untuk mendukung pembelajaran. Produk media Jam Math diujicoba dan direvisi berdasarkan para ahli yaitu ahli media adan ahli materi. Hasil validasi ahle media menunjukkan bahwa media Jam Math layak digunakan sebagai media pembelajarn untuk mendukung proses pembelajaran dengan persentase rata-rataa 85,38% dan 94,61% dari hasil validasi ahli materi. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Jam Math dapat memengaruhi kegiatan pembelajaran di kelas 2 MI Ma’arif NU Insan Cendekia Betet. Media Jam Math juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi satuan waktu dan menjadi solusi dari permasalahan pembelajaran yang terjadi di sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | KRISTINA BELA MAWARTI |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13668 |
Actions (login required)
View Item |