Ilma, Fika Mazeda (2024) Moderasi Beragama dalam Film Jejak Langkah Dua Ulama serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932121619_prabab.pdf Download (980kB) |
|
Text
932121619_bab1.pdf Download (624kB) |
|
Text
932121619_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932121619_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
|
Text
932121619_bab4.pdf Download (253kB) |
|
Text
932121619_daftar_pustaka.pdf Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pesan moderasi beragama dan penerapannya dalam pendidikan karakter seperti yang disampaikan Ki Hadjar Dewantara dalam film Jejak Langkah Dua Ulama. Moderasi beragama sangat penting untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama dan sangat didukung dalam upaya mengajarkan pendidikan karakter melalui karya film. Landasan penelitian ini adalah adanya kesulitan dalam konteks masyarakat yang bervariasi yang harus disikapi dengan sikap atau tindakan mediasi agar konflik dapat diselesaikan. Moderasi beragama ada sebagai jalan tengah dalam banyak hal di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cita-cita moderasi beragama dalam film Jejak Langkah Dua Ulama dan Mengkaji pentingnya moderasi beragama terhadap pendidikan karakter seperti yang digambarkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam film Jejak Langkah Dua Ulama. Penelitian ini menggunakan teknik tinjauan pustaka, yaitu menyajikan temuan-temuan pemeriksaan peneliti terhadap suatu masalah atau topik kajian tertentu, analisis teks atau buku, atau analisis pandangan subjek kajian. Strategi pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menyimak dan mencatat. Data dalam penelitian ini bersumber dari film Jejak Langkah Dua Ulama, berupa adegan atau tingkah laku tokoh, penggunaan bahasa, komunikasi antar tokoh, dan wacana yang menunjukkan nilai esensial dari fokus penelitian yang beredar sepanjang film. Data tersebut kemudian dievaluasi dalam bentuk argumentasi teoritis untuk mengetahui bagaimana film tersebut menyampaikan pesan atau nilai moderasi beragama dan pentingnya pendidikan karakter seperti yang diungkapkan oleh Ki Hadjar Dewantara. Pendekatan analisis data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau literatur. Penelitian ini menemukan tingkat moderasi yang berbeda-beda dalam film Jejak Langkah Dua Ulama. Nilai-nilai tersebut antara lain tawassuth (tengah), tawazun (seimbang), i'tidal (konstan, tegas, dan adil), tasamuh (toleran), ishlah (reformasi), tahadhdhur (beradab), aulawiyah (mengutamakan prioritas), musawah (egaliter), tathawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif), dan syura. Ki Hadjar Dewantara mengidentifikasi 5 karakter pendidikan: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Nilai moderasi beragama tawassuth menjadi nilai yang mendominasi dalam film Jejak Langkah Dua Ulama, yang terelevansi dengan pendidikan karakter nasionalis.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FIKA MAZEDA ILMA |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
View Item |