Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darusssa'adah Lirboyo

Habibah, Zahro'ul (2024) Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darusssa'adah Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932410220_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932410220_bab1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
932410220_bab2.pdf

Download (624kB)
[img] Text
932410220_bab3.pdf

Download (337kB)
[img] Text
932410220_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932410220_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
932410220_bab6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932410220_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932410220_lembarpersetujuanpublikasi.pdf

Download (202kB)

Abstract

ZAHRO’UL HABIBAH, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Siska Yulia Weni, M.Ak,: Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo. Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap; reduksi data; data display; verivikasi data, teknik pengecekan keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo telah melaksanakan langkah-langkah perencanaan kurikulum pesantren sesuai dengan analisis kebutuhan mulai dati perumusan tujuan, isi kurikulum, penentuan bahan ajar, penyusunan kegiatan belajar, dan menentukan strategi penilaian. 2) Pada tahap pengorganisasian manajemen kurikulum pesantren Darussa’adah Lirboyo terdapat kegiatan pengelompokkan bahan ajar dan pengelompokkan guru-guru pendidik disertai pembekalan oleh pengasuh pada tiap rapat tahunan. 3) Terkait pelaksanaan kurikulum pesantren Darussa’adah Lirboyo berbentuk kegiatan belajar antara lain madrasah diniyah, pengajian ubudiyah, serta pembinaan kreatifitas santri, dengan metode pembelajaran mulai dari metode halaqoh, pengelompokkan kelas, tanya jawab, hafalan dan games. 4) Terkait evaluasi kurikulum pesantren, peneliti menemukan bahwa di Darussa’adah menerapkan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi quartal dan evaluasi tahunan. Evaluasi quartal atau dapat disebut evaluasi semester dilaksanakan pada tiap akhir quartal pembelajaran. Evaluasi tahunan dilaksanakan pada tiap akhir tahun pelajaran bersama pengasuh. Evaluasi tahunan membahas serta mengukur keberhasilan kurikulum yang diterapkan pada santri, memperbaiki atau menghapus sistem yang kurang efektif serta senantiasa meningkatkan sistem yang dirasa masih relevan dan efektif untuk dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ZAHRO`UL HABIBAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:33
Last Modified: 31 Jul 2024 07:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item