PRAKTIK UTANG PIUTANG GABAH DENGAN TAMBAHAN WAJIB DITINJAU DARI SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Dusun Nongko Desa Candisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan)

NURCAHYATI, PUTRI APRILIA (2024) PRAKTIK UTANG PIUTANG GABAH DENGAN TAMBAHAN WAJIB DITINJAU DARI SOSIOLOGI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Dusun Nongko Desa Candisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20302098_prabab.pdf

Download (770kB)
[img] Text
20302098_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
20302098_bab1.pdf

Download (295kB)
[img] Text
20302098_bab2.pdf

Download (353kB)
[img] Text
20302098_bab3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
20302098_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
20302098_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
20302098_bab6.pdf

Download (146kB)
[img] Text
20302098_daftarpustaka.pdf

Download (211kB)
[img] Text
20302098_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Putri Aprilia Nurcahyati, 2024, Praktik Utang Piutang Gabah dengan Tambahan Wajib ditinjau dari Sosiologi Hukum Islam, Studi Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Dosen Pembimbing Sheyla Nichlatus Sovia, Lc.,M.Ag dan Muthi’ah Hijriyati M. Th.I, M.S.I. Kata Kunci: Utang Piutang, Sosiologi Hukum Islam Utang-piutang adalah akad yang dilakukan oleh dua belah pihak dengan salah satu pihak meminjam harta atas pihak yang lain untuk kepentingan dirinya dan selanjutnya harta tersebut wajib dikembalikan sesuai dengan jumlah saat meminjam tanpa adanya tambahan apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat dalam praktik utang piutang gabah yang dilakukan masyarakat di Dusun Nongko Desa Candisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan yang di dalam praktiknya terdapat tambahan. Karena sebagian besar masyarakat masih seringkali menerapkan praktik utang piutang yang di dalamnya terdapat tambahan saat pengembalian meskipun mereka telah mengetahui bahwa tambahan dalam Islam tidak diperbolehkan. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana praktik utang piutang gabah dengan tambahan wajib di Lumbung Padi Sri Sedono Dusun Nongko Desa Candisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan? 2). Bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap praktik utang piutang gabah dengan tambahan wajib di Lumbung Padi Sri Sedono Dusun Nongko Desa Candisari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan? Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris yaitu penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta yang diambil dari apa yang terjadi di lapangan langsung dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode socio-legal yaitu sosiologi hukum yang melihat, menerima, dan memahami hukum sebagai bagian dari kehidupan perilaku manusia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan faktor yang melatarbelakangi untuk masyarakat melakukan praktik utang piutang tersebut adalah pemahaman hukum. Sebagian masyarakat mengetahui adanya riba merupakan larangan dalam Islam namun mereka tetap melakukan praktik tersebut dengan alasan faktor ekonomi karena tambahan dalam praktik utang piutang ini digunakan untuk kemaslahatan bersama. Praktik utang piutang gabah dengan tambahan ini menurut tinjauan sosiologi hukum Islam yaitu sebagian masyarakat mengetahui bahwa adanya tambahan tersebut dilarang dalam Islam, namun praktik tersebut masih dilakukan masyarakat Dusun Nongko Desa Candisari Kabupaten Lamongan dengan latar belakang untuk kemaslahatan bersama. Namun, pengetahuan itu hanya sebatas mengetahui saja karena kurangnya pengetahuan dan dampingan sehingga terjadi perubahan perilaku masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: PUTRI APRILIA NURCAHYATI
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:22
Last Modified: 19 Jul 2024 06:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item