Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Bab Thaharah Kelas VII di MTs. Raudlatut Thalabah

Nadifah, Umi (2020) Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fiqih Bab Thaharah Kelas VII di MTs. Raudlatut Thalabah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121015 prabab.pdf

Download (832kB)
[img] Text
932121015 bab1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932121015 bab2.pdf

Download (391kB)
[img] Text
932121015 bab3.pdf

Download (561kB)
[img] Text
932121015 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
932121015 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
932121015 bab6.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932121015 DP.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932121015 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar Fiqih bab thaharah kelas VII di MTs. Raudlatut Thalabah. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019 di MTs. Raudlatut Thalabah. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples T-Test terhadap data posttest pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar 0,008, terlihat bahwa nilai Sig. (2-Tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak. Artinya, video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran secara signifikan lebih unggul dibanding kelas kontrol pada jenjang kognitif mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Respon siswa terhadap penggunaan video pembelajaran dalam proses pembelajaran Fiqih bab thaharah berada dalam kategri sangat baik dengan persentase 82,23.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:52
Last Modified: 04 Aug 2020 04:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item