Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Penentuan Upah Pada Penyewaan Transportasi Angkutan Barang (Studi Kasus Di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri)

Sholekah, Asmaul Faridlatus (2024) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Penentuan Upah Pada Penyewaan Transportasi Angkutan Barang (Studi Kasus Di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931211317_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931211317_bab1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
931211317_bab2.pdf

Download (424kB)
[img] Text
931211317_bab3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
931211317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
931211317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
931211317_bab6.pdf

Download (251kB)
[img] Text
931211317_daftarpustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
931211317_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
931211317_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

ASMAUL FARIDLATUS SHOLEKAH, Dosen Pembimbing I Ibu Sheyla Nichlatus Sovia, Lc., M.Ag. dan Dosen Pembimbing II Bapak Pandi Rais, M.Pd: TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM PENENTUAN UPAH PADA PENYEWAAN TRANSPORTASI ANGKUTAN BARANG (studi kasus di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri), IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syariah, upah, penyewaan transpoortasi Aktivitas Masyarakat tidak lepas dari aspek muamalah yang salah satunya Ijarah. UD. Berkah Mandiri adalah usaha yang bergerak di bidang transportasi angkutan barang baik jasa pengiriman maupun penyewaan kendaraan. Di dalam akad perjanjian hanya ada akad secara lisan. Namun perilaku yang menjadi permasalahan di dalamnya, terkait sistem penentuan upah. Di mana sistem penentuan upah yang melalui akad yang sempurna dianggap sah, lain halnya sistem yang menggunakan akad secara dadakan, sehingga tidak ada kejelasan terkait upah. Untuk mengungkap fenomena ini, penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah 1. Bagaimana sistem penentuan upah pada penyewaan tranportasi angkutan barang di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri? 2. Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap sistem penentuan upah pada penyewaan transportasi angkutan barang di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosio-legal. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis yang dilakukan secara kualitatif dengan mereduksi data apa yang diperoleh di lapangan, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan lalu dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data penelitian dan triangulasi. Teori yang digunakan adalah Ijarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sistem penentuan upah di UD. Berkah Mandiri Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri ditentukan oleh pemilik usaha dengan menggunakan perincian dilihat dari jaraknya, besarnya barang dan beratnya barang. Serta ada perhitungan alternatif untuk meminimalisir pengeluaran upah. Harga yang ditentukan oleh pemilik usaha kemudian ditawar sampai terjadi kesepakatan kerja. Namun dalam akad secara dadakan tidak ada penentuan harga dan tidak ada proses tawar-menawar. Sehingga tidak adanya kejelasan dari kedua belah pihak. Kedua, analisis hukum ekonomi syariah terhadap sistem penentuan upah penyewaan transportasi angkutan barang, yang melalui proses akad diperbolehkan dan dianggap sah karena telah memenuhi rukun dan syarat sahnya akad. Sedangkan, akad secara dadakan tidak sah dikarenakan tidak adanya kesepakatan sehingga rukun dan syarat tidak terpenuhi. Sistem penentuan upah di UD. Berkah Mandiri masuk dalam kategori Musawammah (tawarmenawar) dan Syibh al- Musawwamah (semi tawar-menawar).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: ASMAUL FARIDLATUS SHOLEKAH
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:01
Last Modified: 12 Jul 2024 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13376

Actions (login required)

View Item View Item