Peran Istri Sebagai Tkw Untuk Menunjang Nafkah Keluarga Perspektif Sosiologi Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri)

Nada, Erika Qothrun (2024) Peran Istri Sebagai Tkw Untuk Menunjang Nafkah Keluarga Perspektif Sosiologi Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931107020_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931107020_bab1.pdf

Download (508kB)
[img] Text
931107020_bab2.pdf

Download (531kB)
[img] Text
931107020_bab3.pdf

Download (356kB)
[img] Text
931107020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
931107020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
931107020_bab6.pdf

Download (224kB)
[img] Text
931107020_daftarpustaka.pdf

Download (340kB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga bahagia dan kekal. Berdasarkan ketuhanan yang maha esa yang dijelaskan dalam pasal 1 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 perkawinan merupakan salah satu perbuatan hukum dari perkawinan yang mempunyai akinat hukum. Salah satu dari akibat hukum dari perkawinan adalah suami harus memenuhi kebutuhan istri dan keluarga berupa pemberian nafkah dan apabila hak dan kewajiban suami istri terpenuhi itu adalah sebuah dambaan dalam kehidupan rumah tangga. Hak dan kewajiban yang dijalankan oleh keluarga pada umumnya, tentu berbeda dengan keluarga TKW. Terdapat hak dan kewajiban yang tidak terpenuhi atau pun saling tukar peran antara suami istri. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui bagaimana peran istri sebagai TKW dalam pemberian nafkah keluarga di Desa Lamong Kecamatan Badas?. Kedua, untuk mengetahui bagaimana analisis sosiologi hukum islam terhadap peran istri yang bekerja sebagai TKW untuk menunjang nafkah keluarga?.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan dalam pengumpulan data didapat dari wawancara dengan keluarga TKW yang tinggal di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Selain itu data dapat diperoleh dari dokumentasi berupa literatur, arsip desa ataupun hasil yang ditemukan dilapangan. Analisis data mnggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini memberikan dua kesimpulan bahwa: Pertama, peran istri sebagai TKW untuk menunjang nafkah keluarga di Desa Lamong Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Dalam hukum Islam tidak dilarang bagi seorang istri yang ingin bekerja untuk mencari nafkah, selama cara yang ditempuh tidak melenceng dari syariat Islam. Namun kewajiban dalam hal mencari nafkah keluarga atau bekerja hanya dibebankan kepada laki-laki, karena hal ini berkaitan dengan fungsinya sebagai kepala keluarga. Islam telah menetapkan bahwa kepala keluarga adalah tugas pokok dan juga tanggung jawab laki-laki. Hal tersebut dibuktikan ketidak larasan dalam pemenuhan hak dan kewajiban dalam rumah tangga yang telah dicantumkan dalan Undang-Undang Perkawinan. Kedua, dengan tidak keselarasan dalam Undang-Undang Perkawinan tentang hak dan kewajiban suami istri. Namun, terlepas dari itu kedudukan suami istri setara dalam urusan rumah tangga termasuk dalam perbuatan hukum. Oleh karena itu, jika istri di Desa Lamong bekerja sebagai TKW untuk membantu mencari nafkah harus izin kepada suami agar tetap ada rasa kerelaan dan saling ridho diantara keduanya. Untuk tetap menjaga agar keluarganya tetap harmonis. Dan upaya yntuk mengatasi keharmonisan adalah saling berkomunikasi dengan baik antara suami dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180113 Family Law (incl. Islamic Family Law, Munakahat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Nafaqah
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: ERIKA QOTHRUN NADA
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:36
Last Modified: 08 Jul 2024 06:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item View Item