Efendi, Ahmad Farid (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay pada Materi Haji dan Umrah untuk peningkatan Efektivitas Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101016003 prabab.pdf Download (713kB) |
|
Text
92101016003 BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
92101016003 BAB II.pdf Download (615kB) |
|
Text
92101016003 BAB III.pdf Download (724kB) |
|
Text
92101016003 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92101016003 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text
92101016003 BAB VI.pdf Download (13kB) |
|
Text
92101016003 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
Text
92101016003 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
Abstract
Haji dan Umroh merupakan salah satu kajian yang terdapat dalam mata pelajaran Fiqih yang wajib dikuasai oleh siswa. Namun ketika proses pembelajaran, sering kali penyampaian materi fiqih hanya melalui penjelasan dan tanpa praktik yang nyata. Sehingga dalam praktik di kehidupan sehari-hari masih terdapat kesalahankesalahan yang ditemui. Visualisasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan contoh dan panduan pada siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pelajaran dan mempraktikkan dengan benar dalam kehidupan. Gambar dua dimensi dan video dapat dikembangkan dan menjadi pendukung dalam visualisasi. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan media Autoplay sebagai media pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan produk pengembangan Media Pembelajaran Autoplay yang cocok digunakan dalam pembelajaran materi Haji dan Umrah pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk 2. Mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Autoplay dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Nganjuk pada materi Haji dan Umrah. Penelitian ini merupakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan dan penghasilan produk dalam bidang pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil analisis penilaian dari validator diperoleh media pembelajaran Autoplay yang layak, dan untuk hasil pengelolaan pembelajaran berada pada kualifikasi positif dan baik, serta memenuhi syarat keefektifan yaitu hasil belajar meningkat dari sebelum dan sesudah menggunakan Media Autoplay. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t dua sampel (paired sampel t test) didapat nilai thitung > ttabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar Fiqih siswa kelas VIII sebelum dan sesudah menggunakan media Autoplay di MTs Negeri 5 Nganjuk. Media ini mendapat kualifikasi yang baik, berdasarkan hasil validasi ahli isi mendapat nilai 82,5%, dari ahli desain mendapat nilai 80%, dari guru mata pelajaran mendapat nilai 92%, uji perorangan mendapat nilai 86%, uji kelompok kecil mendapat nilai 87,5%, dan uji coba lapangan mendapat nilai 89,34%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Autoplay pada materi shalat Haji dan Umroh kelas VIII layak, menarik, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:50 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |