PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS GAME INTERAKTIF “PETUALANGAN SI THOLE” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MIFTAHUL HUDA NGRECO

Yusman, Syifa Isnanini Wibawaning Yusman (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS GAME INTERAKTIF “PETUALANGAN SI THOLE” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MIFTAHUL HUDA NGRECO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
20206044_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206044_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206044_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206044_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206044_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206044_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206044_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206044_lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (339kB)
[img] Text
1_PDFsam_SYIFA ISNAINI_PGMI 3.pdf

Download (349kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian di MI Miftahul Huda Ngreco Kediri diketahui bahwa kurangnya minat dan fokus belajar siswa, serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran mengakibatkan peserta didik kurang tertarik pada materi pembelajaran yang berdampak pada terbatasnya kemampuan pemahaman peserta didik terutama pada mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya daerah, khususnya Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pmengetahui prosedur pengembangan game interaktif “Petualangan Si Thole”, 2) Mengetahui kelayakan game interaktif “Petualangan Si Thole”, 3) Mengetahui keefektifan game interaktif “Petualangan Si Thole”, dan (4) Mengetahui pemahaman siswa kelas IV terhadap pengembangan game interaktif “Petualangan Si Thole” mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya. Penelitian ini, merupakan jenis penelitian (Research and Development) R&D dengan menggunakan model ADDIE yang menggunakan lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek validasi pada penelitian ini yaitu 1 ahli media, 1 ahli materi, dan 5 peserta didik untuk uji pengguna kelompok kecil dan 17 peserta didik untuk uji pengguna kelompok besar. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Pada tahap pengembangan multimedia berbasis game "Petualangan Si Thole" melalui lima tahapan yaitu: analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik; desain atau rancangan multimedia, pengembangan produk multimedia, implementasi kepada subjek uji coba, dan evaluasi dari semua tahapan. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh rata-rata persentase 98,6% dengan kriteria sangat layak (2) Analisis kelayakan dengan angket respon peserta didik diperoleh temuan bahwa rata-rata persentase pada kelompok kecil sebesar 93% dengan kriteria sangat layak, kemudian untuk kelompok besar diperoleh rata-rata persentase pada kelompok kecil sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, (3) Efektivitas multimedia berbasis game "Petualangan Si Thole" dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 100%, ketercapaian penguasaan materi pembelajaran sebesar 75,6%, siswa mampu memenuhi penguasaan materi dengan kategori tinggi, dan (4) Terjadi kenaikan kemampuan pemahaman peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil uji Wilxocon diperoleh nilai sig. < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh Multimedia Berbasis Game “Petualangan Si Thole” terhadap hasil belajar siswa, serta hasil analisis N-Gain diketahui bahwa terdapat kenaikan kemampuan pemahaman siswa setelah diberikan Multimedia Berbasis Game “Petualangan Si Thole” sebesar 0,49 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SYIFA ISNAINI WIBAWANING YUSMAN
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:31
Last Modified: 03 Jul 2024 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item