Ali, Kholid (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS RELIGIUS SISWA DI MA AL FATAH BADAS KEDIRI TAHUN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932140214_PRA BAB.pdf Download (855kB) |
|
Text
932140214_BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
932140214_BAB II.pdf Download (490kB) |
|
Text
932140214_BAB III.pdf Download (240kB) |
|
Text
932140214_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
932140214_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
932140214_BAB VI.pdf Download (377kB) |
|
Text
932140214_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci : Pembelajaran Kitab Kuning, Religius. Maraknya tawuran remaja/siswa, perilaku mencotek saat ujian, perayaan kelulusan dengan berhura-hura dan konvoi, bahkan merembet pada perilaku para pejabat yang hobi korupsi (KKN), pedagang yang suka menipu dan perilaku lain yang menunjukan kemerosotan moral bangsa, disebabkan oleh kurangya pembinaan karakter religius atau keagamaan siswa. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan pembelajaran agama untuk meningkatkan kualitas religius siswa. Salah satunya adalah dengan mengajarkan kitab kuning kepada siswa, karena kitab kuning berisi menyangkut masalah keagamaan baik dari segi hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kitab kuning dan karakter religius siswa di MA Al Fatah Badas Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini penulis mendapatkan data-data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Regiliusitas siswa di MA Al Fatah Badas Kediri dilihat dari Segi fisik, meliputi berpakaian muslim. Segi perilaku, diwujudkan dalam sikap dan perilaku seperti salam, sapaan, dan penampilan yang rapi. Segi kegiatan, meliputi pelaksanaan ibadah, proses belajar mengajar, muhadzarah, dan mujahadah. Sedangkan metode pembelajaran kitab kuning yang digunakan adalah metode bandongan yang dipadukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Faktor pendukung: Guru yang berkompeten, Sarana dan prasarana yang mememadai, Lingkungan keluarga siswa yang mendukung. Faktor penghambat : Strategi atau metode yang digunakan oleh guru kurang menarik, Minat siswa yang kurang terhapap pembelajaran Kitab Kuning.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 04:19 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1330 |
Actions (login required)
View Item |