Analisis Penerapan Pembagian Harta Waris Kalalah Perspektif Kompilasi Hukum Islam Dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Studi Kasus Di Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri)

ROHMAH, TRIA KHOIRUR (2024) Analisis Penerapan Pembagian Harta Waris Kalalah Perspektif Kompilasi Hukum Islam Dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Studi Kasus Di Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20301020_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20301020_bab1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
20301020_bab2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
20301020_bab3.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20301020_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
20301020_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
20301020_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
20301020_daftarpustaka.pdf

Download (164kB)

Abstract

ROHMAH, TRIA KHOIRUR. Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Wahidi, M.H.I dan Afifah Mayaningsih, S.Pd., M.H, Analisis Penerapan Pembagian Harta Waris Kalalah Perspektif Kompilasi Hukum Islam dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Studi Kasus Di Desa Minggiran Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci: Kalalah, Kewarisan, Kompilasi Hukum Islam, KUHPerdata Kalalah ialah orang yang telah meninggal dunia namun tidak memiliki keturunan dan ayah. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis bagaimana penerapan pembagian harta waris kalalah di Desa Minggiran ditinjau menggunakan Kompilasi Hukum Islam dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, serta untuk mengkaji apakah hukum tersebut telah bekerja dalam masyarakat Desa Minggiran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif-empiris. Menggunakan beberapa pendekatan yakni pendekatan undang-undang, pendekatan perbandingan, dan pendekatan sosiologi hukum. Sumber data primer yakni wawancara dengan Kepala Desa Minggiran, tokoh mayarakat, dan saudara pewaris kalalah. Data sekunder yakni KHI, KUHPerdata, skripsi, jurnal, dan lainnya. Pengumpulan data ditempuh dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwasannya penerapan pembagian harta waris kalalah di Desa Minggiran dilakukan dengan cara sistem sama rata dan ada yang menjadi milik salah satu ahli waris saja hal ini tidak sesuai dengan Pasal 181-182 KHI. Pembagiannya dengan cara kekeluargaan yaitu musyawarah dan dengan cara mediasi desa dan berakhir musyawarah, musyawarah sesuai dengan Pasal 183 KHI. Tapi, ada satu kasus yang belum sesuai dengan Pasal 183 KHI pada klausula “setelah masing-masing menyadari bagiannya”. Begitupun dalam KUHPerdata ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai jika merujuk pada Pasal 856-857 KUHPerdata, namun apabila hal yang tidak sesuai dianalisis menggunakan Pasal 1045 KUHPerdata akan menjadi sesuai. Dan untuk penundaan pembagian harta waris menurut Pasal 175 d KHI dan Pasal 833 KUHPerdata tidak diperbolehkan, namun menjadi boleh karena ada alasan dan disepakati oleh seluruh ahli waris. Dari kasus-kasus yang terjadi menunjukkan bahwa pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait hukum pembagian waris kalalah sangat kurang serta ada beberapa dari mereka tidak patuh hukum terutama hukum yang ada dalam KHI karena mereka masyarakat muslim. Dimana kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui pembagian waris baik menurut KHI maupun KUHPerdata, dan sebagian dari mereka setelah mengetahui memilih untuk tidak menerapkannya. Perbedaan pembagian harta waris antara KHI dengan KUHPerdata adalah didalam KHI bagian antara ahli waris yang satu dengan ahli waris yang lain dibedakan, sedangkan dalam KUHPerdata tidak. Untuk persamaannya adalah sama-sama menganut sistem kewarisan individual yaitu sejak terbukanya waris (meninggalnya pewaris) harta warisan dapat dibagikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180106 Comparative Law (Perbandingan Hukum)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: TRIA KHOIRUR ROHMAH
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:11
Last Modified: 01 Jul 2024 07:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item