Analisis Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Penggunaan Jalan Umum Untuk Resepsi Pernikahan (Walimatul U’rs) (Studi Kasus Di Desa Jerukwangi Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk)

SALSABILLA, PUTTRY LARAS (2024) Analisis Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Penggunaan Jalan Umum Untuk Resepsi Pernikahan (Walimatul U’rs) (Studi Kasus Di Desa Jerukwangi Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20301103_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
20301103_bab1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
20301103_bab2.pdf

Download (12MB)
[img] Text
20301103_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20301103_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
20301103_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
20301103_bab6.pdf

Download (714kB)
[img] Text
20301103_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20301103_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20301103_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (193kB)

Abstract

PUTTRY LARAS SALSABILLA, 20301103. Analisis Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Penggunaan Jalan Umum Untuk Resepsi Pernikahan (Walimatul U’rs) (Studi Kasus di Desa Jerukwangi Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk). Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2024. Pembimbing (1) Dr. Husnul Yaqin, S.HI.,MH, Pembimbing (2) Zakiyatus Soimah, M.HI. Kata Kunci: Hukum Islam, Hukum Positif , Jalan Umum, Resepsi Pernikahan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus dalam penggunakan jalan umum untuk resepsi pernikahan (walimatul u’rs) di Desa Jerukwangi Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk yang mana hal tersebut tidak selaras dengan peraturan yang berlaku, baik peraturan agama maupun negara. Peneliti memiliki dorongan pembahasan yang akan diteliti, yakni apa faktor penyebab masyarakat Desa Jerukwangi menggunakan jalan umum untuk resepsi pernikahan dan bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum positif terhadap masyarakat Desa Jerukwangi terkait penggunaan jalan umum untuk resepsi pernikahan (walimatul u’rs). Berdasarkan penelitian diatas, maka jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis empiris (sosiologis). Penelitian lapangan ini dilakukan untuk memperoleh data primer yang berhubungan dengan penelitian melalui wawancara dengan responden dan informan. Serta didukung dengan menggunakan data sekunder melalui buku, literatur maupun penelitian terdahulu. Kemudian, data diolah dengan cara dialnalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini diketahui faktor penyebab masyarakat Desa Jerukwangi dalam melaksanakan resepsi pernikahan (walimatul u’rs) yakni, masih menganut para pendahulu pada tahun-tahun sebelumnya, yang mana dalam melaksanakan walimatul u’rs maupun hajatan lainnya masih terus digelar di jalan umum tersebut, kurangnya lahan yang cukup luas serta tidak adanya tempat alternatif layaknya gedung serbaguna yang dapat dijadikan solusi dari faktor permasalahan diatas. Menurut hukum positif belum sesuai dengan aturan yang ada, kerena masih ada masyarakat yang tidak melaporkannya kepada pihak yang berwenang terkait perizinan penggunaan jalan untuk acara walimatul 'urs, tidak adanya izin tersebut karena kurang pahamnya masyarakat mengenai tata cara mendapatkan izin penggunaan jalan tersebut. Menurut hukum Islam terhadap penggunaan jalan umum untuk acara walimatul 'urs, sudah sejalan dengan aturan hukum Islam yang dimana tidak mengganggu aktivitas masyarakat yang lainnya karena tetap memberikan jalan alternatif meski terkadang jalan tersebut kurang memadai bagi pengguna jalan lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180113 Family Law (incl. Islamic Family Law, Munakahat)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah - Hukum Keluarga Islam
Depositing User: PUTTRY LARAS SALSABILLA
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:02
Last Modified: 01 Jul 2024 02:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item