Pengembangan Media E-Book Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar di MI Al Irsyad Al Islamiyyah

Purida, Adifa Ramadhea (2024) Pengembangan Media E-Book Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar di MI Al Irsyad Al Islamiyyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206021_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206021_bab1.pdf

Download (538kB)
[img] Text
20206021_bab2.pdf

Download (796kB)
[img] Text
20206021_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
20206021_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206021_bab5.pdf

Download (316kB)
[img] Text
20206021_daftarpustaka.pdf

Download (425kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan seorang guru atau pendidik untuk mempermudah guru. Salah satu media yang sering digunakan ialah media visual. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media e-book berbasis flipbook dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media e-book berbasis flipbook, (2) mengetahui kelayakan media e-bookberbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika materi bangun datar di MI Al Irsyad Al Islamiyyah (3) mengetahui keefektifan media e-book berbasis flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika materi bangun datar di MI Al Irsyad Al Islamiyyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE dengan 5 tahapan meliputi: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Irsyad Al Islamiyyah dengan total 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pengembangan media e-book berbasis flipbook menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan. (2) kelayakan media ditentukan oleh data hasil validasi ahli media 1 sebesar 98,3% dengan keterangan “sangat layak”, ahli media 2 tahap 1 sebesar 80% dengan keterangan “sangat layak”, ahli media 2 tahap II sebesar 100% dengan keeterangan “sangat layak”. Ahli materi 1 sebesar 95% dengan keterangan “sangat layak” dan ahli materi 2 sebesar 100% dengan keterangan “sangat layak”. Angket respon peserta didik kelompok kecil sebesar 96% dengan keterangan “sangat layak”, angket respon peserta didik kelompok besar sebesar 87,2% dengan keterangan “sangat layak”, dan angket respon guru sebesar 90% dengan keterangan “sangat layak”. (3) peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil data pre-test dan post-test yang dilihat dari perhitungan N-Gain. Pada uji coba kelompok kecil sebesar 0,716 sehingga dapat dikategorikan “tinggi” karena > 0,7. Dan N-Gain persen nilai rata-ratanya memperoleh 72,00 dengan kriteria “cukup efektif” dan pada uji coba kelompok besar ,6384 sehingga dapat dikategorikan “sedang” karena 0,3 < G ≤ 0,7. Dan N-Gain persen nilai rata-ratanya memperoleh 63,84 dengan kriteria “cukup efektif”. Maka, dapat dikatakan bahwa media e-book berbasis flipbook tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al Irsyad Al Islamiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADIFA RAMADHEA PURIDA
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:39
Last Modified: 03 Jul 2024 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item