Praktik Khiyar Terhadap Jual Beli Barang Thrift Online Sistem Cod Di Aplikasi Instagram (Studi Kasus Pada Akun Instagram @2ndhope.co)

Shelvia, Sulis Wanti (2024) Praktik Khiyar Terhadap Jual Beli Barang Thrift Online Sistem Cod Di Aplikasi Instagram (Studi Kasus Pada Akun Instagram @2ndhope.co). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20302075_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20302075_bab1.pdf

Download (725kB)
[img] Text
20302075_bab2.pdf

Download (814kB)
[img] Text
20302075_bab3.pdf

Download (495kB)
[img] Text
20302075_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20302075_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
20302075_bab6.pdf

Download (467kB)
[img] Text
20302075_daftarpustaka.pdf

Download (591kB)

Abstract

Metode pembayaran pada transaksi jual beli online modern ini dapat dilakukan melalui transfer antar bank ataupun bisa membuat dahulu bayarnya nanti atau yang disebut dengan Cash on Delivery (COD). Hak khiyar menjadikan masing-masing memiliki independensi dalam mengambil keputusan dalam transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik jual beli barang thrift online dengan sistem COD (Cash on Delivery) pada Akun Instagram @2ndhope.co dan praktik khiyar yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosio-legal. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pemilik akun @2ndhope.co dan analisis dokumen terkait transaksi jual beli yang dilakukan. Analisis data penelitian ini dengan cara reduksi data, pemaparan data, dan menarik kesimpulan atas data yang didapatkan. Hasil dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan sebagai berikut: (1) Praktik jual beli barang thrift sistem COD pada Aplikasi Instagram akun @2ndhope.co ditemui adanya ketidakpatuhan dalam prosedur yang diberikan pemilik akun, salah satunya yaitu dalam negosiasi dan penerimaan produk. Dalam hal ini, pemilik akun memiliki kebijakan sebagai berikut: a) Pelaku “Hit & Run” merupakan customer blacklist; b) Ketika paket dibuka dan terdapat cacat pada produk yang tidak dikehendaki pembeli namun cacat produk tersebut telah disebutkan pada deskripsi produk, maka 99% return barang tidak berlaku; c) Ketika paket dibuka dan terdapat cacat pada produk akibat kelalaian pemilik akun @2ndhope.co dan dibuktikan dengan video unboxing dari awal paket dibuka sampai terlihat cacat pada produk, maka penjual akan bertanggung jawab dengan dilakukannya return barang dan uang akan 100% dikembalikan. (2) Praktik khiyar terhadap jual beli barang thrift sistem COD pada Akun Instagram @2ndhope.co yang sesuai adalah khiyar majelis dan ru’yah. Dalam praktiknya yaitu @2ndhope.co memberikan hak kepada pembeli, dalam hal ini adalah Zahro sebagai pembeli melakukan pembatalan sebelum melakukan pembayaran atau final pemesanan (fix order) dilakukan dan akun @rarething, @winmad111, dan @hi_19 melakukan pengembalian barang yang telah dibeli kepada @2ndhope.co (return) dengan menyertakan video unboxing ketika membuka paket sampai memperlihatkan cacat pada produk yang tidak disebutkan oleh penjual pada deskripsi produk. Sedangkan khiyar syarat dan ‘aib tidak berlaku karena pihak penjual memiliki beberapa kebijakan sendiri, antara lain yaitu menggunakan prinsip siapa cepat dia dapat sehingga tidak memiliki tenggat waktu yang jelas dan barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180105 Commercial and Contract Law (Hukum Dagang)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SULIS WANTI SHELVIA
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:55
Last Modified: 28 Jun 2024 06:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13241

Actions (login required)

View Item View Item