Ramadanti, Nada Yumna (2024) Pengembangan Media Pipuz (Pipa Puzzle)Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Mapel Matematika Bangun Ruang Kelas V SDN Doko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206065_prabab.pdf Download (415kB) |
|
Text
20206065_bab1.pdf Download (147kB) |
|
Text
20206065_bab2.pdf Download (318kB) |
|
Text
20206065_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
20206065_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206065_bab5.pdf Download (121kB) |
|
Text
20206065_daftarpustaka.pdf Download (184kB) |
|
Text
20206065_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (334kB) |
Abstract
Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai sumber belajar yang dapat mempengaruhi minat, motivasi dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika berupa media Pipuz (Pipa Puzzle). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media Pipuz (Pipa Puzzle), mengetahui kelayakan media Pipuz (Pipa Puzzle) untuk meningkatkan keaktifan, mengetahui keefektifan media Pipuz (Pipa Puzzle) untuk meningkatkan keaktifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini memiliki 5 tahapan yaitu tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket validasi, angket peserta didik, observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Hasil validasi produk dari ahli media 1 mendapat presentase 86% dengan kategori layak dan ahli media 2 mendapat presentase 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi materi 1 mendapat presentase 94% dengan kategori sangat layak dan ahli materi 2 mendapat presentase 92% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data observasi keaktifan menunjukkan presentase sebelum dan sesudah adanya peningkat sebanyak 31%. Rata-rata persentase sebelum menggunakan media yaitu 52% dengan kategori keaktifan rendah dan setelah menggunakan media yaitu 85% dengan kategori keaktifan tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NADA YUMNA RAMADANTI |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 03:34 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 03:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13240 |
Actions (login required)
View Item |