Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Bunga Rosella Dengan Sistem Muzabanah (Studi Kasus Di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri)

WULANDARI, SHELLA SEPTY (2024) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Bunga Rosella Dengan Sistem Muzabanah (Studi Kasus Di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20302004_prabab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20302004_bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
20302004_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
20302004_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
20302004_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
20302004_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
20302004_bab6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
20302004_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
20302004_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

SHELLA SEPTY WULANDARI, Dosen Pembimbing Dr. Hj. SITI NURHAYATI, S.H.I., M.Hum., dan MUHAMMAD HABIB ADI PUTRA, M.H. Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Bunga Rosella dengan Sistem Muzabanah (Studi Kasus di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Jual Beli, Sistem Muzabanah, Sosiologi Hukum Islam. Jual beli merupakan suatu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam hukum Islam secara tegas melarang jual beli dengan cara yag bathil dan mengandung unsur tadlis, misalnya menyembunyikan kondisi barang yang sebenarnya. Namun di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sebagian masyarakatnya masih melakukan jual beli dengan cara tersebut, yakni jual beli bunga rosella dengan sistem muzabanah yang dilakukan antara petani dengan tengkulak. Sistem muzabanah yaitu pencampuran buah kering dengan buah yang masih basah saat ditakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli bunga rosella dengan sistem muzabanah serta tinjauan sosiologi hukum Islam terhadap praktik tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian hukum empiris yang mengkaji fenomena atau masalah sosial yang terjadi di lapangan dengan pendekatan sosiologi hukum Islam. Data yang diperoleh berasal dari petani bunga rosella dan tengkulak bunga rosella di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli bunga rosella dengan sistem muzabanah di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri yaitu adanya pencampuran bunga rosella kering dengan bunga rosella yang masih basah dilakukan oleh petani ketika menjualnya kepada tengkulak, sehingga berat timbangan atau takaran akan lebih berat karena adanya campuran bunga rosella yang masih basah tersebut dan dapat mempengaruhi terhadap harga. Hal ini termasuk penipuan (tadlis). Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi praktik tersebut yakni faktor ekonomi, faktor cuaca, faktor lingkungan dan faktor pengetahuan terhadap hukum. Pola perilaku masyarakat di Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ini belum sepenuhnya menerapkan hukum Islam dan mengesampingkan ajaran Islam hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta untuk mencari keuntungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan hukum dan pengamalan hukum Islam mereka masih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160802 Environmental Sociology
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: SHELLA SEPTY WULANDARI
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:26
Last Modified: 02 Jul 2024 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item