Rahmawati, Sofiyah (2024) Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan Melalui Four-Tier Diagnostic Test. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932301120_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932301120_bab1.pdf Download (263kB) |
|
Text
932301120_bab2.pdf Download (150kB) |
|
Text
932301120_bab3.pdf Download (241kB) |
|
Text
932301120_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932301120_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text
932301120_bab6.pdf Download (53kB) |
|
Text
932301120_daftarpustaka.pdf Download (182kB) |
|
Text
932301120_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
932301120_pernyataanpublikasi.pdf Download (159kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan belajar, mendeskripsikan perbedaan jenis kesulitan belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah kelompok agama, kelompok sains, dan kelompok bahasa, serta mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Subjek dipilih berdasarkan mahasiswa yang sudah pernah mengambil mata kuliah statistika pendidikan. Kemudian dipilih 6 subjek yang paling banyak melakukan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Jenis kesulitan belajar miskonsepsi paling banyak terjadi pada kelompok agama pada soal nomor dan paling sedikit terjadi pada soal nomor 3. Selanjutnya, untuk jenis kesulitan belajar paham sebagian paling banyak terjadi pada kelompok agama yang terjadi pada soal nomor 5. Sedangkan untuk jenis tidak paham konsep, paling banyak terjadi pada kelompok bahasa (2) Kelompok sains mengalami jenis kesulitan belajar yang paling ringan dibandingkan dengan kelompok agama dan bahasa. Kesulitan belajar yang paling banyak dialami oleh kelompok sains yaitu paham sebagian dengan faktor yang mempengaruhinya yaitu mahasiswa kurang tepat dalam memilih alasan padahal perhitungan benar, lupa rumus, dan mahasiswa salah dalam perhitungan. Sedangkan untuk kelompok agama dan kelompok bahasa paling banyak mengalami jenis kesulitan belajar miskonsepsi yang disebabkan oleh mahasiswa tidak dapat mengartikan notasi rumus, tidak bisa membedakan rumus, tidak paham konsep menyederhanakan bentuk akar, mahasiswa tidak teliti dalam memasukkan data, serta mahasiswa yang tidak paham konsep pembulatan. (3) Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pada mahasiswa oleh dosen dan mahasiswa terpilih melalui wawancara yaitu dengan cara pembiasaan latihan soal, pembentukan kelompok diskusi, menjadikan mahasiswa berperan aktif, praktik menggunakan microsoft, dosen sabar menjelaskan dengan pelan, meminta penjelasan lagi pada ahli atau dosen jika ada materi yang belum dimengerti, diskusi dengan teman yang sudah paham, mendengarkan dosen pada saat menerangkan materi, belajar dari sumber lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics (Statistik Terapan) 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling (Analisis dan Pemodelan Stochastic) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | SOFIYAH RAHMAWATI |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13225 |
Actions (login required)
View Item |