Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 MIN 9 Nganjuk

Al Atieq, An Nur Laila (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 MIN 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206060_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206060_bab1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
20206060_bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
20206060_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
20206060_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206060_bab5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
20206060_daftarpustaka.pdf

Download (395kB)
[img] Text
20206060_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari peserta didik sebagai bekal mereka dengan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif, dan kemampuan bekerja sama. Mata pelajaran matematika bertujuan untuk memecahkan masalah matematika yang meliputi kemampuan dalam memahami masalah, menyusun model penyelesaian, menyelesaikan model, serta memberikan solusi yang tepat. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk 1) menghasilkan media pembelajaran magic box materi bangun datar kelas 4, 2) untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran magic box materi bangun datar kelas 4, dan 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui media pembelajaran magic box materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 9 Nganjuk dengan subjek peserta didik kelas 4 yang berjumlah 27 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran magic box yang disesuaiakan dengan kebutuhan peserta didik serta diperbaiki bersadarkan saran-saran dari validator. Media pembelajaran magic box yang dikembangkan terdiri dari tiga box yaitu box besar berukuran 40 cm × 40 cm yang didalamnya memuat materi bangun datar serta contoh soal, box sedang berukuran 30 cm × 30 cm yang didalamnya memuat permainan teka-teki silang bangun datar, dan box kecil berukuran 20 cm × 20 cm yang didalamnya memuat kartu soal. Kelayakan media pembelajaran magic box mendapat skor dari para validator yaitu oleh ahli media 1 dan 2 dengan rata-rata skor sebesar 90,66% yang berarti sangat layak, sedangkan oleh ahli materi 1 dan 2 memperoleh skor dengan rata-rata 93,995% yang berarti sangat layak, dan ahli soal pretest dan posttest mendapatkan skor rata-rata sebesar 97,77% yang berarti sangat layak. Setelah mendapatkan hasil kelayakan dari para validator peneliti melakukan uji coba dengan melakukan pretest dan posttest dan mendapatkan hasil analisis data berupa rata-rata skor pretest sebanyak 68,70% dan meningkat pada hasil posttest sebanyak 85,18% sehingga teradi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran magic box. Selain itu hasil Uji-T yang mana thitung yang dihasilkan sebesar -12,155 lebih kecil atau < dari ttabel sebesar -2,05552 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan uji N-gain mendapat hasil sebesar 0,5256, berdasarkan rumus indeks gain maka 0,5256 memiliki nilai kurang dari 0,70 yang berarti adanya peningkatan dengan kategori sedang artinya media pembelajaran magic box menarik dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AN NUR LAILA AL ATIEQ
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 25 Jun 2024 04:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item