تطوير المواد التعليمية التفاعلية متعددة الوسائط لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية المعارف، أوداناوو، باليتار

Nisa', Iklima Izzatun (2024) تطوير المواد التعليمية التفاعلية متعددة الوسائط لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية المعارف، أوداناوو، باليتار. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932501120_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932501120_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932501120_bab2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932501120_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
932501120_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932501120_bab5.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932501120_daftarpustaka.pdf

Download (355kB)

Abstract

IKLIMA IZZATUN NISA’, Dosen Pembimbing Syamsul Ma’arif, M.Pd.I dan Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas X MA Ma’arif Udanawu, Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Bahan Ajar Maharah Istima, Multimedia Interaktif, CEFR Level A2 Pembelajaran maharah istima’ yang saat ini diberikan pada siswa kelas X yaitu dengan tujuan dapat memahami mufrodat. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pengembangan bahan ajar maharah istima’ kelas X sesuai aspek-aspek multimedia interaktif dengan harapan dapat memaksimalkan pembelajaran yang memenuhi capaian pembelajaran sebagaimana Kepdirjen Pendis nomor 3211 tahun 2022 sebagai tujuan kurikulum, kebutuhan peserta didik dan standart keterampilan berbahasa CEFR pada level A2. Pengembangan bahan ajar istima’ berbasis multimedia interaktif ini mengadopsi model pengembangan ADDIE (analysis, desigh, development, implementation, evaluate). Dimulai dengan menganalisis tujuan pada kurikulum, kebutuhan peserta didik, dan standart keterampilan berbahasa CEFR level A2. Setelah itu merancang desain produk. Selesai dirancang desain dikembangkan menjadi produk yang utuh hingga dilakukan uji kelayakan pada ahli konstruk, media, serta materi dan dilakukan revisi. Implementasi sebanyak dua kali dengan model one group desain pretest posttest guna mengetahui keefektifan bahan ajar. Uji kelayakan produk yaitu dengan nilai rata-rata hasil pengisian angket oleh para ahli. Hasil uji kelayakan oleh ahli konstruk I dan II sebesar 90,1%. Hasil uji kelayakan oleh ahli media I dan II sebesar 82,2%. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi I dan II sebesar 95,5%. Hasil nilai-nilai tersebut berkriteria “Sangat Layak”. Hasil uji deskriptif menyatakan nilai rata-rata pretest sebesar 68,14 dan posttest sebesar 93,14. Uji normalitas menghasilkan nilai signifikansi 0,333 yang mana > 0,05 berarti data dinyatakan berdistribusi normal. Maka, data dapat dihitung dengan uji paired sample t test. Hasil uji paired sample t test menyatakan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,001 yang mana < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka, ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest. Hal tersebut menunjukan bahwa bahan ajar dapat meningkatkan maharah istima’ peserta didik kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200409 Arabic Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: IKLIMA IZZATUN NISA`
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:06
Last Modified: 25 Jun 2024 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item