Peran Kelompok Tani "Suluh Tani" Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Desa Blimbing Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri

Pangesti, Aza Aulia Dwi (2024) Peran Kelompok Tani "Suluh Tani" Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Di Desa Blimbing Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934122519_prabab..pdf

Download (1MB)
[img] Text
934122519_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
934122519_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
934122519_bab3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
934122519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
934122519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
934122519_bab6.pdf

Download (39kB)
[img] Text
934122519_dapus.pdf

Download (100kB)

Abstract

Aza Aulia Dwi Pangesti, Dosen Pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin, MHI dan Sri Hariyanti, SHI, MM “Peran Kelompok Tani “Suluh Tani” dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Desa Blimbing Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri”. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Instiut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Kelompok Tani, Kesejahteraan, Petani Pembangunan ekonomi desa dilakukan melalui peningkatan pemberdayaan dan kemandirian masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan dalam berbagai ruang lingkup kehidupan masyarakat. Kelompok tani terbentuk atas dasar kekeluargaan. Kelompok tani bertujuan mewujudkan pertanian yang baik, usaha tani yang produktif dan keluarga tani yang sejahtera. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kelompok tani dalam meningkatkan kesejahteraan petani yang dilakukan pada kelompok tani Suluh Tani di Desa Blimbing Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan membuat gambaran yang faktual yang sistematis dan analisisnya dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, kedalaman observasi dan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Program kegiatan yang dilakukan Kelompok Tani Suluh Tani dengan tujuan meningkatkan hasil pertanian sehingga meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga petani, kegitannya meliputi program penyuluhan pertanian yang dilakukan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dengan memberikan edukasi cara tanam yang tepat, progam pengadaan pupuk yang dihimpun kelompok tani, program pertemuan rutin anggota sebagai wadah sharing bersama antar petani, program penyediaan permodalan membantu petani yang kekurangan modal, dan program penyediaan alat pertanian memudahkan petani dalam menggarap lahan (2) Peran kelompok tani Suluh Tani dalam peningkatan kesejahteraan petani terlihat dari peningkatan pendapatan dan ekonomi petani karena telah terpenuhinya agama, pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, interaksi dalam keluarga dan lingkungan, informasi, dan peran dalam masyarakat. Sedangkan berdasarkan kesejahteraan Islam atau maqashid syariah anggota kelompok tani Suluh Tani dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya seperti dalam menjalankan syariat Islam, pangan, tempat tinggal, dan kesehatan, bahkan mampu memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anaknya hingga perguruan tinggi, dan sebagian besar anggota kelompok tani Suluh Tani sudah menikah dan menjaga keturunannya dengan baik, serta anggota kelompok tani Suluh Tani bekerja secara halal untuk mendapatkan harta.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Aza Ailia Dwi Pangesti
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:03
Last Modified: 24 Jun 2024 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13172

Actions (login required)

View Item View Item