Implementasi Denda Pada Jual Beli Dengan Sistem Pesanan Di Bengkel Las Wahid Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Perspektif Hukum Islam

Hidayati, Masripah (2024) Implementasi Denda Pada Jual Beli Dengan Sistem Pesanan Di Bengkel Las Wahid Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Perspektif Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931209619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931209619_bab1.pdf

Download (892kB)
[img] Text
931209619_bab2.pdf

Download (785kB)
[img] Text
931209619_bab3.pdf

Download (569kB)
[img] Text
931209619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
931209619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
931209619_bab6.pdf

Download (555kB)
[img] Text
931209619_daftar_pustaka.pdf

Download (557kB)

Abstract

Masripah Hidayati. Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Khamim, M.Ag dan Dosen Pembimbing II Bapak H. Andi Ardiyan Mustakim, M.H. Implementasi Denda Pada Jual Beli Dengan Sistem Pesanan Di Bengkel Las Wahid Desa Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Perspektif Hukum Islam. Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Denda, Hukum Islam Transaksi jual beli yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari di dalam masyarakat salah satunya yaitu jual beli pesanan yang terjadi di bengkel las Wahid. Jual beli dengan sistem pesanan tersebut menggunakan akad istishna’. Istishna’ adalah transaksi terhadap barang yang belum ada sehingga harus dipesan terlebih dahulu kepada pembuat untuk selanjutnya menjadi tanggungan yang harus dikerjakan oleh pembuat. Pengenaan denda pada bengkel las tersebut yaitu diperuntukkan bagi konsumen yang belum bisa melunasi pembayarannya secara kredit sehingga melewati batas waktu yang telah ditentukan pada saat akad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Denda Pada Jual Beli pesanan di bengkel las Wahid. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview, dan dokumentasi terhadap pemilik usaha dan dengan konsumen yang terlibat di dalam transaksi jual beli dengan sistem pesanan di bengkel las Wahid. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli dengan sistem pesanan yang terjadi di bengkel las Wahid bisa menggunakan sistem pembayaran secara kredit sehingga mempermudah konsumen yang menginginkan barang tanpa harus membayar secara tunai. Namun dari beberapa konsumen yang membayar secara kredit malah tidak bisa melunasi pembayaran sesuai batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu produsen mengenakan denda pada konsumen yang terlambat melunasi pembayaran tersebut yang dijanjikan diawal akad. Denda yang dikenakan oleh produsen kepada konsumen tidak diperbolehkan atau tidak sesuai dengan hukum Islam, karena dalam transaksi jual beli di bengkel las Wahid tersebut yaitu terdapat denda yang ditujukan kepada konsumen yang mana dalam syartul jaza'i denda hanya dapat ditujukan kepada produsen apabila terlambat dalam menyelesaikan barang pesanan yang sudah menjadi tanggungjawabnya. Klausul dalam akad istishna' apabila syartul jaza'i ditujukan kepada konsumen maka hukum syartul jaza'i pada akad tersebut tidak diperbolehkan oleh syara' karena ketika kewajiban asalnya adalah berupa hutang piutang atau berupa suatu pembayaran, maka dalam hal ini termasuk ke dalam kategori riba sehingga dapat dihukumi dengan hukum riba yaitu diharamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012705 Riba (Interest)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MASRIPAH HIDAYATI
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:07
Last Modified: 13 Jun 2024 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item