Faiz, Muhtar (2020) Penanaman Akhlakul Karimah Di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren Kediri (Studi Kasus Di SMPI Plus Hidayatut Thulab Petuk Semen Kediri) Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932111014 prabab.pdf Download (343kB) |
|
Text
932111014 bab1.pdf Download (147kB) |
|
Text
932111014 bab2.pdf Download (280kB) |
|
Text
932111014 bab3.pdf Download (112kB) |
|
Text
932111014 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
932111014 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
932111014 bab6.pdf Download (82kB) |
|
Text
932111014 DP.pdf Download (64kB) |
|
Text
932111014 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
Abstract
Mengingat pentingnya akhlak bagi suatu bangsa, perlu adanya keseriusan guru atau pendidik dalam pembinaan akhlak terhadap peserta didik yang merupakan calon pemimpin masa depan, maka agar dapat mensukseskan tujuan tersebut pendidik harus menanamkan dan membentuk akhlak para peserta didik, Peneliti sangat tertarik untuk meneliti penanaman akhlakul karimah di sekolah berbasis pondok pesantren studi kasus di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui penanaman akhlakul karimah di sekolah berbasis pondok pesantren SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Petuk Puhrubuh Semen Kediri. (2) Untuk mengetahui akhlakul karimah di sekolah berbasis pondok pesantren SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Petuk Puhrubuh Semen Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru agama, Guru BK, Siswa SMP Plus Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri, dan Guru Waka Kurikulum. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pelaksanaan metode penanaman akhlakul karimah sudah cukup baik, terbukti dengan adanya prosedurprosedur yang dipergunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar oleh guru, dan mengenai akhlak yang dimiliki oleh siswa banyak variabel kearah yang baik. Ditunjukan adanya : (1) Metode ceramah yang dilakukan di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri (2) Metode pembiasaan (3) Metode keteladanan (4) Metode hukuman. Dari hasil yang telah dilakukan peneliti bahwa temuan penelian yang diajarkan di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri yaitu siswa bersikap jujur, bersikap tolong-menolong, bersikap tawadhu’, bersikap pemaaf.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
View Item |